Inilah 10 Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com Periode September 2022

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan September 2022. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Selain sebagai anggota DPR RI, Bamsoet juga merupakan Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode September 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 2.248 pemberitaan dan reach mencapai 8,6 juta jangkauan dari berita yang dimilikinya. Berita mengenai Bamsoet antara lain adalah dukungannya terkait kendaraan listrik di KTT G20 untuk migrasi kendaraan di Bali.

Lalu ada pula dukungannya terkait kegiatan touring komunitas motor HTCI untuk jelajahi Lombok, kemudian pandangannya terkait fasilitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), dan pujiannya terhadap klan Gelael yang raih podium di reli Danau Toba 2022.

Posisi kedua ada nama Dedi Mulyadi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Komisi IV DPR adalah komisi yang membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, dan kelautan. Sosok Dedi Mulyadi sudah sangat akrab di telinga publik.

Selain sebagai anggota DPR RI, sebelumnya Dedi Mulyadi dikenal sebagai Bupati Purwakarta 2 periode dan kini secara serius menggarap channel youtube miliknya. Untuk periode bulan Juli 2022, Dedi Mulyadi memiliki 1.353 pemberitaan. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi adalah sebesar 21,8 juta jangkauan.

Meski jumlah pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi kalah dari Bamsoet, tapi jangkauan atau reach yang dicapai adalah yang terbesar di antara anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar lainnya yang masuk dalam daftar ini.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi didominasi berita perceraiannya dengan sang istri Anne Ratna Mustika, lalu tuntutan hukum yang dilayangkan oleh Dedi Mulyadi kepada pemerintah terkait dengan kerugian para peternak akibat penyakit mulut dan kuku dan perasaan terenyuh seorang Dedi Mulyadi ketika menyaksikan kesetiaan seorang istri dampingi suami yang lama sakit TBC tulang.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi bersumber dari materi sekunder, media kebanyakan mengambil kutipan dan pemberitaan tentangnya melalui platform media sosial miliknya.

Urutan ketiga ada nama Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI. Pemberitaan mengenai Meutya Hafid cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi I DPR RI. Meutya Hafid memiliki pemberitaan sebanyak 482 berita. Jangkauan yang dicapai dari berita Meutya Hafid adalah sebesar 6,9 juta jangkauan.

Berita mengenai Meutya Hafid didominasi oleh komentarnya mengenai pengancaman disertai dengan peretasan jurnalis Narasi TV, lalu pentingnya literasi digital agar pengguna sosial lebih cerdas dan bijak, selanjutnya adalah mengenai permintaan Meutya Hafid terkait PSE yang harus segera didaftarkan di Indonesia.

Posisi keempat ada nama srikandi Partai Golkar lainnya, Nurul Arifin, ia merupakan anggota Komisi I DPR. Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 430 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Adies Kadir adalah sebesar 5,7 juta jangkauan.

Selanjutnya urutan kelima adalah Ace Hasan Syadzily. Ace Hasan merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Ace Hasan memiliki 360 pemberitaan sepanjang September 2022. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Ace Hasan adalah sebanyak 3,9 juta jangkauan.

Keenam ada wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir. Berita mengenai Adies Kadir berjumlah 303 pemberitaan dan reachnya mencapai 3,1 juta jangkauan. Posisi ketujuh adalah Sarmuji. Sarmuji memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 280 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 2,9 juta jangkauan.

Puteri Komarudin berada di posisi kedelapan sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan. Puteri Komarudin merupakan anggota Komisi XI DPR RI. Untuk periode bulan September 2022, Puteri Komarudin memiliki pemberitaan sebanyak 166 berita. Reach yang dicapai berdasarkan pemberitaan mengenai Nurul Arifin adalah sebesar 2,8 juta jangkauan.

Posisi sembilan ada nama Christina Aryani, sama dengan Nurul Arifin, Christina Aryani juga merupakan anggota Komisi I DPR RI. Pemberitaan yang menyangkut nama Christina Aryani adalah sebanyak 162 berita dengan jangkauan mencapai 2 juta jangkauan.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Hetifah Sjaifudian, yang juga merupakan wakil ketua Komisi X DPR RI. Hetifah Sjaifudian memiliki pemberitaan sebanyak 154 berita dengan jangkauan mencapai 1,9 juta jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media. {golkarpedia}