Surya Paloh Belum Gerak Usai Deklarasikan Anies Baswedan, Masih Wait and See

Belum ada pergerakan khusus dilakukan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dari Nasdem.

Padahal setelah dideklarasikan, Anies sudah mulai safari politik. Salah satunya dengan menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di markas Demokrat di Menteng, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Paloh justru belum memperlihatkan manuver politiknya di hadapan publik setelah mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres.

Dari kacamata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dedi Kurnia Syah, Surya Paloh belum terlihat intens menemui elite parpol karena sebelum menentukan mengusung Anies, dia sudah banyak bertemu dengan elite.

Paloh kini masih wait and see sebelum melakukan langkah politik berikutnya.

“Sehingga telah mengetahui pilihan politik masing-masing partai,” kata Dedi Kurnia kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu, Sabtu (15/10).

Sementara langkah safari politik Anies dinilai penting dilakukan sebagai penjajagan visi misi serta gagasan politik ke elite politik.

“Bukan soal Anies kerja sendiri, tapi memang kebutuhannya demikian,” katanya.

Pangi Chaniago: Surya Paloh harus Stempel “Anies adalah Nasdem” untuk Raih Coattail Effect
Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) ini meyakini bahwa dalam waktu tertentu, Surya Paloh akan lakukan pertemuan dengan calon mitra potensial.

“Demokrat dan PKS misalnya, ini pertemuan dalam rangka persiapan deklarasi bersama. Meski Anies diberi kewenangan menentukan cawapresnya, tidak lantas Anies kuasa memilih, tetap saja elite koalisi akan mengarahkan,” tandasnya.(Sumber)