Rumor Mooney VR46 Hengkang dari Ducati, Paolo Ciabatti Persilakan jika Berkenan

BOS Ducati, Paolo Ciabatti tak ambil pusing mengenai rumor Monney VR46 yang dikabarkan bakal cabut dari pabrikan asal Italia itu.

Baginya, bukan hal besar jika Mooney VR46 tak lagi bekerja sama dengan Ducati untuk beberapa waktu ke depan.

Namun di lain hal, ia meyakini hal itu tak akan dilakukan oleh tim bentukan Valentino Rossi tersebut. Sebab, Paolo Ciabatti mereka puas dengan performa motor Desmosedici GP.

Seperti diketahui, Mooney VR46 melakukan debut di ajang MotoGP 2022 silam. Mereka memilih bekerjasama dengan Ducati untuk memberikan motor terbaik pada Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Tim miliki legenda MotoGP itu sendiri terikat kontrak dengan tim pabrikan Borgo Panigale sampai 2024 mendatang. Mereka pun punya opsi perpanjangan satu tahun lagi pada musim berikutnya.

Namun, akhir-akhir ini muncul kabar bahwa Mooeny VR46 tertarik untuk meninggalkan Ducati dan beralih ke Yamaha, yang tak memiliki tim satelit mulai MotoGP 2023.

Hal itu santer beredar, mengingat hubungan erat The Doctor –julukan Rossi- dengan tim pabrikan Iwata yang dibelanya selama total 16 musim.

Menanggapi hal itu, Paolo Ciabatti mempersilakan Mooney VR46 pergi dari Ducati, setelah kerja sama mereka berakhir.

Namun yang jelas, pihaknya akan terus berkomitmen penuh pada tim yang bermarkas di Tavullia itu sampai kontrak mereka habis pada 2024 mendatang.

“Kami memiliki kontrak dan kewajiban dengan VR46, dan kontrak ini berlaku hingga akhir 2024. Saya tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi setelah itu, itu terbuka,” kata Paolo Ciabatti dilansir dari Speedweek, Sabtu (26/11/2022).

Marco Bezzecchi

Kendati demikian, pria asal Italia itu mengisyaratkan bahwa dirinya yakin Mooney VR46 tak akan cabut dari Ducati. Pasalnya, mereka puas dengan performa Desmosedici pada MotoGP 2022 ini yang membantu mereka meraih hasil yang cukup memuaskan.

“Tim VR46 terdiri dari orang-orang yang sangat serius, para pengendara senang dengan motor Desmosedici. Hal ini terlihat dari hasil yang mereka capai,” jelas Paolo Ciabatti.

Sebatas informasi, pada musim debut mereka di MotoGP 2022, Mooney VR46 memang tidak menjalani tahun yang buruk. Marco Bezzecchi berhasil naik podium di Assen, mencatatkan pole position di Thailand dan meraup 111 poin untuk menyabet gelar rookie of the year setelah finis di posisi 14 klasemen akhir.

Sementara Luca Marini, walau gagal menyabet podium dan waktu tercepat, bisa mengais 120 poin yang membawanya duduk di peringkat 12 klasemen akhir.

Alhasil, mungkin Valentino Rossi bakal mempertimbangkan lagi untuk memutuskan timnya hijrah dari Ducati ke Yamaha atau tidak.(Sumber)