Airlangga Hartarto Nomor Satu Dalam Daftar Menteri Terpopuler Partai Golkar di Kabinet Indonesia Maju Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan Oktober 2022. Ini kali kedua berdasar hasil riset data kami Airlangga Hartarto menjadi paling populer dari Partai Golkar. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan November 2022, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 6530 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang November 2022. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar.

6530 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 68,6 juta jangkauan. Selain itu, tone atau sentimen publik pun didominasi oleh reaksi positif. Tercatat, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto mempunyai tone 71,8% positif dan 28,2% negatif.

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah, pernyataan Airlangga Hartarto mengenai keketuaan Indonesia tahun 2023 dalam forum tinggi ASEAN, kemudian ada nama Airlangga Hartarto yang muncul dalam Musra relawan Jokowi di Banten sebagai Capres, ada pula pemberitaan mengenai klaster Cawapres potensial berdasar hasil survey dan riset SMRC.

Sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mendapat pemberitaan populer dari komentarnya terhadap sektor keuangan digital yang memiliki potensi menjanjikan di masa depan. Lalu ada pula apresiasi Airlangga Hartarto terhadap Indonesia Fintech Summit ke-4 yang digelar oleh OJK. Dan permintaan Airlangga Hartarto terhadap Menperin Agus Gumiwang agar jangan ada PHK di sektor industri manufaktur.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar kedua yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menpora RI Zainudin Amali. Raihan Zainudin Amali yang berada di peringkat kedua ini sekaligus mendorong Luhut Binsar Panjaitan yang sebelumnya ada di posisi ini.

Untuk November 2022, Zainudin Amali, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 2170 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Zainudin Amali didominasi kinerjanya sebagai Menpora RI.

Pemberitaan mengenai Zainudin Amali diantaranya adalah terkait proses naturalisasi Shayne Pattynama sebagai pemain Timnas Indonesia.Lalu ada pula polemik penggunaan GBK yang dimanfaatkan untuk pertemuan Relawan Jokowi padahal sebelumnya Menpora Zainudin Amali sudah melarang GBK untuk kegiatan apapun, dan Keppres Jokowi terkait naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh yang disambut baik oleh Zainudin Amali.

2170 pemberitaan mengenai Menpora RI, Zainudin Amali tersebut menghasilkan 26,8 juta jangkauan. Tone yang terbentuk terhadap Zainudin Amali di bulan November 2022 masih didominasi sentimen positif, yakni sebesar 72,8% untuk tone positif dan 27,2% tone negatif.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan yang sebelumnya berada di posisi kedua.

Sepanjang November 2022, Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Golkar mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 1.804  pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 21,4 juta jangkauan. Tone yang terbentuk atas pemberitaan Luhut Panjaitan sedikit didominasi oleh sentimen positif yakni, 53,7% positif dan 46,3% bernada negatif.

Pemberitaan mengenai Luhut Panjaitan didominasi oleh pernyataannya mengenai pemberian subsidi motor listrik sebesar Rp. 6,5 juta pada tahun 2023. Selanjutnya adalah mengenai jawaban Luhut Panjaitan saat ditanyakan alasan mengenai ketidakhadiran Vladimir Putin di KTT G20. Dan pemberitaan mengenai pengadaan kendaraan listrik untuk para peserta KTT G20 yang dimotori oleh Luhut Panjaitan.

Keempat ada nama Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK), yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian RI. Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini pada November 2022 mendapat 597 pemberitaan. Jumlah tersebut membuat nama Agus Gumiwang tak beranjak dari posisi sebelumnya di urutan 4.

Pemberitaan yang dihasilkan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita mencatatkan reach sebesar 8,6 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai AGK, didominasi sentimen positif, yakni sebanyak 87,1% tone positif dan 12,9% sentimen negatif.

Pemberitaan mengenai AGK diantaranya adalah mengenai apresiasinya terhadap keberadaan pabrik vespa di Cikarang yang hanya membutuhkan waktu tiga jam untuk memproduksi satu buah motor. Lalu jurus dan strategi Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mencegah PHK di sektor industri tekstil. Serta kerjasama yang dilakukan antara Kemenperin dengan Perusahaan AS untuk bangun pusat IC desain industri semikonduktor.

Menteri Kabinet Indonesia Maju kelima sekaligus terakhir dari Partai Golkar yang terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan adalah Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Pada November 2022, Ketua Umum AMPI ini mendapatkan 298 pemberitaan naik sedikit dibanding periode sebelumnya.

Pemberitaan terhadap Jerry Sambuaga sepanjang November 2022 menghasilkan 2,7 juta jangkauan. Tone yang didapat Jerry Sambuaga cukup baik yakni, 81,8% positif, dan 14,2% negatif.

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga antara lain adalah peresmian digitalisasi pasar rakyat “Pasar Sonder” oleh Kemendag RI yang bekerjasama dengan PT. POS Indonesia. Kemudian penjelasan Wamendag RI Jerry Sambuaga mengenai komoditas ban kendaraan asal Indonesia yang bisa bersaing di pasar Amerika Selatan. Selanjutnya penjelasan Wamendag RI mengenai jumlah investor pasar kripto yang lebih banyak dibanding pasar saham.

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan November 2022. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

Berikut daftar lengkap kuantitas pemberitaan 5 kader Golkar di Kabinet Indonesia Maju:

1. Airlangga Hartarto

Menko Perekonomian RI

6530 pemberitaan

Reach: 68,6 juta jangkauan

Tone: 71,8% positif, 28,2% negatif

2. Zainudin Amali

Menteri Pemuda dan Olahraga RI

2.107 pemberitaan

Reach: 26,8 juta jangkauan

Tone: 72,8% positif, 27,2% negatif

3. Luhut Binsar Panjaitan

Menko Maritim dan Investasi RI

1804 pemberitaan

Reach: 21,4 juta jangkauan

Tone: 53,7% positif, 46,3% negatif

 4. Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Perindustrian RI

597 pemberitaan

Reach: 8,6 juta jangkauan

Tone: 87,1% positif, 12,9% negatif

5. Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Perdagangan RI

298 pemberitaan

Reach: 2,7 juta jangkauan

Tone: 81,8% positif, 14,2% negatif {golkarpedia}