Inilah 10 Tokoh Perempuan Partai Golkar Terpopuler Bulan November 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Ketua Komisi I DPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar, Meutya Hafid menjadi tokoh perempuan Partai Golkar paling populer periode November 2022 berdasar hasil riset Golkarpedia dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode tersebut.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Meutya Hafid yang menjadi garda terdepan bagi penggalangan opini Partai Golkar. Peran Meutya Hafid pun cukup sentral guna meluaskan amplifikasi bagi Partai Golkar serta Capres Airlangga Hartarto.

Selain cantik, Meutya Hafid yang merupakan mantan penyiar MetroTV ini nyatanya berhasil menunjukkan bahwa kerjanya sebagai Ketua Komisi I DPR RI berhasil menjadi perhatian media dan secara otomatis diperhatikan pula oleh masyarakat. Apalagi sebagai perempuan, bukan hal mudah menghapus stigma dan keraguan publik akan kapasitas kepemimpinannya.

Maklum saja, dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan. Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan November 2022 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Nama Meutya Hafid bercokol di urutan pertama berdasar hasil riset Golkarpedia dengan mendapatkan 361 pemberitaan di November 2022 dengan reach atau jangkauan mencapai 4,6 juta. Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Meutya Hafid diantaranya adalah terkait fit and proper test Panglima TNI yang baru, Laksamana Yudo Margono.

Lalu pemberitaan mengenai komentarnya tentang fenomena populisme di ruang digital yang mesti diantisipasi bersama. Selanjutnya mengenai anak perempuan Meutya Hafid Lyora Shaqueena Ansyah yang diajak bermain oleh Menhan Prabowo Subianto seusai rapat di Komisi I DPR RI, serta komentar Meutya Hafid mengenai kesuksesan forum G20.

Di urutan kedua ada nama Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu Chasanah menjadi yang terpopuler kedua setelah memiliki 305 pemberitaan dengan reach mencapai 1,2 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ratu Tatu Chasanah antara lain bantuan semen sebanyak 100 sak yang diberikan Ratu Tatu Chasanah untuk pembangunan masjid Nurul Muttaqien. Ada pula pemberitaan mengenai ruang kesepakatan bersama antara pekerja, pengusaha dan pemerintah jelang ditetapkannya UMK Kabupaten Serang 2023.

Tempat ketiga ditempati oleh mantan pesohor negeri yang kini duduk di Komisi I DPR RI, Nurul Arifin. Di bulan November 2022 ini, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 270 berita dan reach sebesar 1,7 juta jangkauan.

Pemberitaan yang mendapat sorotan paling besar dari Nurul Arifin adalah komentarnya mengenai persoalan TV lokal yang tak dapat jatah MUX seiring pemberlakuan ASO, lalu ada pula tanggapan Nurul Arifin mengenai distribusi STB yang belum tepat sasaran. Dan desakkan Nurul Arifin untuk mengusut siapa yang jadi produsen STB karena disinyalir ada permainan di baliknya.

Tempat keempat ada nama Bupati Serang yang juga menjabat Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu memiliki pemberitaan sebanyak 251 pemberitaan dan reach sebesar 1,7 juta jangkauan.

Selanjutnya, nomor lima dipegang oleh Bupati Luwu Timur, Indah Putri Indriani. Istri dari anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Muhammad Fauzi itu memiliki pemberitaan sebanyak 253 pemberitaan dan reach sebesar 900.507 jangkauan.

Hetifah Sjaifudian berada di urutan selanjutnya, Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini memiliki pemberitaan sebanyak 242 berita dan mendapat reach sebesar 2,1 juta jangkauan. Tempat ketujuh diisi oleh Ketua IIPG Lampung, Riana Sari Arinal yang memiliki pemberitaan sebanyak 211 berita dengan reach mencapai 203.787 jangkauan.

Kedelapan ada nama Airin Rachmi Diany, Ketua Umum KPPG dan calon Gubernur Banten. Airin Rachmi Diany memiliki pemberitaan sebanyak 215 pemberitaan dan mendapat 1,2 juta jangkauan.

Peringkat sembilan ada nama anggota Fraksi Partai Golkar Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan. Anggota DPR RI dari Kepulauan Riau ini memiliki pemberitaan sebanyak 189 berita dan reach sebesar 124.619 jangkauan.

Terakhir, peringkat sepuluh ditempati oleh Erna Rasyid Taufan. Ketua DPD II Partai Golkar Parepare ini mendapatkan pemberitaan sebanyak 112 berita selama periode November 2022 dan memiliki reach sebesar 116.459 jangkauan.

Demikianlah 10 besar tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler November 2022. Terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan November 2022.

Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan November 2022, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak. {golkarpedia}