Daftar Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode November 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan November 2022. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode November 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.944 pemberitaan. Berita mengenai Bamsoet didominasi mengenai informasi yang diterima Bamsoet dari Ketua Parlemen Turki tentang bantuan untuk korban gempa Cianjur. Lalu pernyataan Bamsoet mengenai dukungannya terhadap perpanjangan masa jabatan kepala desa.

Kemudian dukungan Ketua MPR RI Bamsoet pada keberadaan Bank Tanah. Selanjutnya pernyataan Bamsoet mendukung pelaksanaan PON XXII tahun 2028 di NTB dan NTT. Reach atau jangkauan seluruh pemberitaan terkait Bamsoet adalah sebesar 25,8 juta jangkauan.

Posisi kedua ada nama Dedi Mulyadi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Komisi IV DPR adalah komisi yang membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, dan kelautan. Sosok Dedi Mulyadi sudah sangat akrab di telinga publik.

Selain sebagai anggota DPR RI, sebelumnya Dedi Mulyadi dikenal sebagai Bupati Purwakarta 2 periode dan kini secara serius menggarap channel youtube miliknya. Untuk periode bulan November 2022, Dedi Mulyadi memiliki 1.303 pemberitaan. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi adalah sebesar 19,5 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi masih didominasi oleh berita perceraiannya dengan Bupati Purwakarta Ratna Anne Mustika, lalu berita mengenai, peringatan Dedi Mulyadi terkait limit waktu ganti sapi akibat PMK, serta pernyataan Dedi Mulyadi atas praktik perdukunan yang tidak ia percayai.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi bersumber dari materi sekunder, media kebanyakan mengambil kutipan dan pemberitaan tentangnya melalui platform media sosial miliknya.

Urutan ketiga ada nama Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI dengan lingkup tugas luar negeri, informasi telekomunikasi, pertahanan keamanan dan intelijen.

Pemberitaan mengenai Meutya Hafid cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi I DPR RI. Meutya Hafid memiliki pemberitaan sebanyak 361 berita. Jangkauan yang dicapai dari berita Meutya Hafid adalah sebesar 4,6 juta jangkauan.

Berita mengenai Meutya Hafid didominasi oleh komentarnya mengenai pergantian Panglima TNI sampai pada fit and proper test calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono. Lalu sentilan Komisi I DPR RI terhadap stasiun TV yang bandel tidak mengalihkan siaran ke saluran analog.

Posisi keempat ada nama Adies Kadir, ia merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, komisi yang membidangi hukum, HAM dan keamanan. Adies Kadir memiliki pemberitaan sebanyak 327 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Adies Kadir adalah sebesar 4,4 juta jangkauan.

Selanjutnya tak beranjak dari posisi bulan sebelumnya, di urutan kelima adalah anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Komisi I DPR RI membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Dave Laksono memiliki 315 pemberitaan sepanjang November 2022. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Dave Laksono adalah sebanyak 3,1 juta jangkauan.

Keenam ada anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Jawa Timur, yakni Sarmuji. Sarmuji yang juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, ini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi Industri, Investasi, dan Persaingan Usaha. Berita mengenai Sarmuji berjumlah 300 pemberitaan dan reachnya mencapai 2,5 juta lebih jangkauan.

Posisi ketujuh ada nama Ace Hasan Syadzily, ia duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan bidang sosial. Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 272 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 3,2 juta jangkauan.

Berikutnya di posisi kedelapan sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan ada nama Nurul Arifin. Nurul Arifin merupakan anggota Komisi I DPR RI. Untuk periode bulan November 2022, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 270 berita. Reach yang dicapai berdasarkan pemberitaan mengenai Maman Abdurrahman adalah sebesar 1,7 juta jangkauan.

Posisi sembilan ada nama Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Komisi X DPR membidangi urusan pendidikan, olahraga dan kesejarahan. Pemberitaan yang menyangkut nama Hetifah Sjaifudian adalah sebanyak 242 berita dengan jangkauan mencapai 2,1 juta jangkauan.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Bobby Adhityo Rizaldi, yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI. Bobby Rizaldi memiliki pemberitaan sebanyak 220 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 3,02 juta jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

10 Anggota DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode November 2022, Berikut daftar lengkapnya:

1. Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
1944 pemberitaan
Reach: 18,7 juta jangkauan

2. Dedi Mulyadi
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI
1.303 pemberitaan
Reach: 19,5 juta jangkauan

3. Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
361 pemberitaan
Reach: 4,6 juta jangkauan

4. Adies Kadir
Wakil Ketua Komisi III DPR RI
327 pemberitaan
Reach: 4,4 juta jangkauan

5. Dave Laksono
Anggota Komisi I DPR RI
315 pemberitaan
Reach: 3,1 juta jangkauan

6. Sarmuji
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI
300 pemberitaan
Reach: 2,5 juta jangkauan

7. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
272 pemberitaan
Reach: 3,2 juta jangkauan

8. Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
270 pemberitaan
Reach: 1,7 juta jangkauan

9. Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI
242 pemberitaan
Reach: 2,1 juta jangkauan

10. Bobby Adhityo Rizaldi
Ketua DPD I Partai Golkar Sumsel
220 pemberitaan
Reach: 3,02 juta jangkauan {golkarpedia}