News  

Keren! 6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Ini Punya Banyak Cabang di Luar Negeri

SEBANYAK 6 perguruan pencak silat Indonesia yang buka cabang di luar negeri memang menarik untuk diulas.

Seni bela diri asli Nusantara ini diketahui termasuk salah satu seni bela diri yang cukup banyak diminati.

Tak sekedar warisan budaya, bela diri satu ini juga memiliki teknik-teknik yang luar biasa. Di Indonesia sendiri terdapat banyak perguruan pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Diketahui, perguruan pencak silat yang ada ternyata tak hanya berkembang di Indonesia saja, melainkan juga melebarkan sayap di luar negeri. Hebatnya lagi, bukan hanya negara-negara Asia, melainkan juga merambah di benua Eropa.

Adapun berikut ini beberapa perguruan pencak silat Indonesia yang buka cabang di luar negeri.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Buka Cabang di Luar Negeri

6. IKSPI Kera Sakti

IKSPI Kera Sakti adalah salah satu perguruan silat terkenal yang ada di Indonesia. Berada di Desa Buduran Kabupaten Madiun, perguruan pencak silat satu ini diketahui memiliki banyak cabang di luar negeri, di antaranya IKSPI Kera Sakti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Korea Selatan, hingga Irlandia.

5. Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate juga termasuk salah satu perguruan pencak silat terkenal di Indonesia. Padepokan yang berpusat di kota Madiun ini tak hanya memiliki cabang di seluruh Indonesia, namun juga ada di luar negeri di antaranya di Belanda, Rusia, Malaysia, Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, hingga Prancis.

4. Setia Hati Winongo

Setia Hati Winongo juga perguruan pencak silat asal kota Madiun yang juga melebarkan sayap hingga ke luar negeri. Perguruan pencak silat ini bahkan tak merambah di Asia melainkan negara Eropa seperti Prancis dan Belanda.

3. Merpati Putih

Merpati Putih adalah perguruan pencak silat yang alirannya sudah dikenal masyarakat sejak tahun 1550-an.

Berdiri pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta, perguruan pencak silat ini memiliki cabang di luar negeri diantaranya Belanda, Amerika Serikat, Filipina, dan Jepang.

2. Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Tapak Suci)

Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau yang lebih dikenal dengan Tapak Suci juga termasuk perguruan pencak silat terkenal di Indonesia.

Perguruan ini juga sudah memiliki beberapa cabang di luar negeri baik di benua Asia maupun Eropa, seperti di Singapura, Belanda, Jerman, Austria dan Mesir.

1. Pagar Nusa

Pagar Nusa atau Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) juga menjadi salah satu perguruan pencak silat terkenal di Indonesia.

Perguruan ini juga telah memiliki cabang khusus di negara Malaysia bahkan ada pula cabang di beberapa negara lainnya, di antaranya Azerbaijan, Austria, Tunisia, Maroko, Mesir, Swiss dan lainnya.(Sumber)