AMPG Jadi Ormas dan Sayap Partai Golkar Terpopuler Februari 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Organisasi sayap bagi sebuah partai adalah penyempurna gerakan politik. Jika sebuah partai politik adalah badan, maka organisasi sayap adalah institusi yang bisa membawa partai untuk bisa terbang. Organisasi sayap biasanya digunakan partai politik untuk meraup suara sektoral dan segmentatif yang tidak terjamah organisasi utama.

Kelompok sektoral dan segmentatif yang dimaksud misalnya adalah para pemuda, perempuan, kelompok kerja seperti buruh, ASN, petani, kelompok agama tertentu dan lain-lain. Dengan menggunakan organisasi sayap, gerakan sebuah partai politik untuk menggaet mereka baik sebagai kader ataupun simpatisan akan semakin mudah. Bisa dimaknai bahwa organisasi sayap dapat difungsikan sebagai laboratorium kader.

Partai Golkar pun menggunakan skema organisasi sayap ini untuk menjalankan agenda politiknya. Ada 11 organisasi sayap termasuk 3 hasta karya (organisasi pendiri) yang menjadi bagian penting dari gerakan politik Partai Golkar.

Kesebelas organisasi tersebut adalah, Kosgoro 1957, Ormas MKGR, SOKSI, AMPI, AMPG, KPPG, IIPG, Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama, Himpunan Wanita Karya, dan MDI. Berdasarkan karakter masing-masing organisasi, ada beberapa perbedaan dan kesamaan di antara organisasi ini. Semisal AMPG dan AMPI memiliki karakteristik yang serupa dalam hal organisasi sayap yang dikhususkan kepada kelompok pemuda.

KPPG, IIPG dan Himpunan Wanita Karya pun memiliki peran dalam segmentasi laboratorium kader kaum perempuan. Sementara Pengajian Al Hidayah, Satkar Ulama dan MDI juga memiliki persamaan pada peran mengorganisir kelompok keagamaan dari agama Islam.

Perbedaannya ada pada detail fungsi masing-masing organisasi. Yang jelas, keberadaan mereka sebagai organisasi sayap Partai Golkar tidak saling tumpang tindih. Mereka ada untuk saling melengkapi dan menyempurnakan gerakan politik Partai Golkar.

Keberadaan masing-masing organisasi sayap Partai Golkar ini juga patut ditelisik. Popularitas menjadi ukuran kami untuk menelisik eksistensi gerakan politik masing-masing organisasi sayap Partai Golkar. Indikator yang kami gunakan untuk mengukur eksistensi organisasi sayap Partai Golkar adalah pemberitaan. Kami juga menyematkan kata populer untuk organisasi sayap yang paling banyak menghasilkan pemberitaan.

Untuk di peringkat pertama, ada organisasi kepemudaan Partai Golkar, AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) yang paling banyak diberitakan sepanjang bulan Februari 2023. Jumlah pemberitaan terkait AMPG adalah sebanyak 151 berita dengan reach sebesar 421.630 jangkauan.

Pemberitaan terkait organisasi yang dipimpin Ilham Permana ini didominasi mengenai kabar tentang masuknya nama Ketua Umum PP AMPG, Ilham Permana sebagai satu dari tiga figur yang bakal dicalonkan Partai Golkar sebagai pengganti Menpora Zainudin Amali. Selain itu ada pula pemberitaan mengenai acara syukuran HUT Ke-21 PP AMPG yang dihadiri langsung Airlangga Hartarto dan petinggi Partai Golkar lain.

Peringkat kedua diisi oleh organisasi hasta karya, yakni SOKSI. Untuk bulan Februari 2023, SOKSI menghasilkan 149 pemberitaan. Pemberitaan sebanyak itu bagi SOKSI menghasilkan reach sebesar 287.424 jangkauan.

Pemberitaan mengenai SOKSI didominasi oleh pemberitaan mengenai pelantikan pengurus SOKSI Jawa Timur yang berkomitmen memenangkan Partai Golkar di Pemilu 2024. Lalu ada berita mengenai permintaan Ketua SOKSI Kota Bekasi, Arif Subagyo agar menjelang Pemilu 2024, DPD II Partai Golkar Kota Bekasi segera selesaikan konflik internal.

Di tempat ketiga, ada organisasi hasta karya lainnya, organisasi yang mendirikan Partai Golkar, Ormas MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong) yang menghasilkan 125 pemberitaan dengan reach sebesar 705.280 jangkauan. Pemberitaan mengenai Ormas MKGR agaknya tersebar di daerah.

Salah satu pemberitaan populer mengenai Ormas MKGR adalah pelantikan pengurus Ormas MKGR Sulteng, lalu kegiatan Ketua Ormas MKGR Sulsel Taufan Pawe yang blusukan ke pelosok Bulukumba, dan perayaan HUT Ormas MKGR di Sulsel yang dihadiri langsung oleh Taufan Pawe serta Suhartina Bohari.

Urutan keempat ada organisasi sayap Partai Golkar yang khusus sebagai laboratorium kader kelompok muda, AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia). Organisasi yang digawangi oleh Wamendag Jerry Sambuaga ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 105 berita. Reach yang dicapai oleh pemberitaan AMPI adalah sebesar 504.081 jangkauan.

Tempat terakhir atau di posisi kelima ada organisasi hasta karya lainnya, Kosgoro 1957. Pada Februari 2023 ini, Kosgoro 1957 tampaknya mengalami penurunan kuantitas pemberitaan yakni sebanyak 104 berita dengan capaian reach sebesar 353.494 jangkauan.

Organisasi sayap lainnya untuk bulan Februari 2023 ini memiliki pencapaian pemberitaan yang lebih rendah dibanding 5 organisasi sayap Partai Golkar teratas yang telah kami bahas sebelumnya. Semoga dengan pengukuran intensitas pemberitaan bulanan ini, masing-masing organisasi sayap bisa lebih mengintensifkan lagi pemberitaan.

5 Sayap dan Ormas Partai Golkar Paling Populer Berdasar Pemberitaan Februari 2023:

1. AMPG
Ketua Umum : Ilham Permana
151 Pemberitaan
Reach: 421.630 jangkauan

2. SOKSI
Ketua Umum : Ahmadi Noor Supit
149 Pemberitaan
Reach: 287.424 jangkauan

3. Ormas MKGR
Ketua Umum : Adies Kadir
125 Pemberitaan
Reach: 705.280 jangkauan

4. AMPI
Ketua Umum : Jerry Sambuaga
105 Pemberitaan
Reach: 504.081 jangkauan

5. Kosgoro 1957
Ketua Umum : Dave Laksono
104 Pemberitaan
Reach: 353.494 jangkauan {golkarpedia}