Irwan Fecho: Jalan Daerah Rusak Karena Salah Prioritas Jokowi Dalam Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek jalan rusak di Lampung usai sempat viral di media sosial. Partai Demokrat menilai jalan rusak di berbagai daerah merupakan kesalahan prioritas Jokowi dalam infrastruktur.

“Menurut saya sih kasus Lampung ini hanya salah satu permasalahan yang muncul, padahal hampir di seluruh provinsi, jalan daerahnya rusak seperti itu, karena kesalahan prioritas Pak Jokowi dalam infrastruktur,” ujar Wasekjen DPP Partai Demokrat Irwan Fecho kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

Irwan menyingung dana pemerintah difokuskan terhadap pembangunan jalan tol. Sementara, katanya, jalan-jalan penghubung desa, kabupaten, dan kota terbengkalai.

“Harusnya pemerintah lebih fokus membangun jalan-jalan umum, jalan-jalan rakyat dibanding bangun jalan tol. Oke mungkin ada beberapa prioritas jalan tol tetapi harusnya pembangunan jalan jalannya menghubungkan desa atau kecamatan, kabupaten itu yang lebih utama,” ucapnya.

“Karena itu adalah jalan yang memang sangat strategis di daerah yang memang dilalui oleh masyarakat, juga menjadi jalur ekonomi masyarakat juga itunya,” sambung Irwan.
Advertisement

Irwan menyebut kunjungan Jokowi ke Lampung memang baik. Namun, katanya, hal itu tidak menyelesaikan permasalahan utama.

“Bagus aja tapi bukan solusi utama untuk menyelesaikan permasalahan infrastruktur jalan daerah yang memang masih banyak kondisi rusak di Tanah Air. Saya lebih melihat itu (kunjungan Jokowi) mengikuti yang lagi viral saja tapi bukan solusi utama untuk menyelesaikan masalah kerusakan jalan daerah,” jelas Irwan.

Tinjau Lampung
Jokowi meninjau langsung Lampung yang belakangan viral karena parahnya infrastruktur jalan. Titik jalan pertama yang ditinjau Jokowi itu adalah Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan. Jokowi duduk ditemani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas).

Mobil Kepresidenan Indonesia 1 harus jalan zigzag saat melintasi kawasan tersebut. Mobil Jokowi melaju dengan kecepatan rendah sebab kondisi jalan yang rusak parah. Jalanan tersebut tidak beraspal dan banyak lubang di berbagai sisinya. Beberapa lubang bahkan terlihat tergenang air.(Sumber)