Arinal Djunaidi Untuk Kali Pertama Jadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.Com

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi untuk pertama kalinya menjadi Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode April 2023. Setelah sebelumnya ada beberapa nama yang mendominasi seperti Syamsuar, Musa Rajekshah dan Sahbirin Noor, kini Arinal Djunaidi turut mencicipi menjadi Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler berdasarkan hasil riset kami, Golkarpedia.com.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, nama Arinal Djunaidi melambung tinggi di bulan April 2023 atas sebab kritik yang dilayangkan seorang tiktoker bernama Bima. Ia menyasar permasalahan pembangunan dan jalan rusak di Lampung. Akibatnya, Arinal Djunaidi yang menjadi pemimpin nomor satu di Lampung menjadi sasaran utama.

Padahal lambannya pembangunan di Lampung merupakan hasil keberlanjutan pemimpin-pemimpin sebelumnya. Bukan hanya itu, lambatnya pembangunan di Lampung juga tidak bisa ditimpakan pada kesalahan Arinal Djunaidi seorang setelah adanya otonomi daerah. Pembangunan daerah menjadi kewenangan dari pemerintah di berbagai level.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi di posisi pertama memiliki pemberitaan sebanyak 2.336 berita. Jangkauan yang ditimbulkan dari pemberitaan mengenai pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Lampung ini adalah sebesar 21,4 juta reach.

Berita tentang Arinal Djunaidi didominasi oleh kritikan yang dilayangkan oleh tiktoker Bima kepada pemerintahan di Lampung yang tak optimal dalam melakukan pembangunan. Pemberitaan dengan tema ini semakin banyak menyusul reaksi Arinal Djunaidi yang justru membawa perkara ini ke hukum. Bima pun mendapat dukungan publik, sementara Arinal Djunaidi justru kesulitan dalam menghadapi tekanan publik.

Selain itu, ada juga pemberitaan tentang hasil reportase media yang menelisik kekayaan Arinal Djunaidi sebagai Gubernur Lampung. Ada pula pemberitaan tentang Kadinkes Lampung, dr. Reihana yang hidup secara glamor, berkebalikan dengan kehidupan masyarakat Lampung yang serba kekurangan. Pemberitaan ini turut menyeret nama Arinal Djunaidi.

Di urutan kedua, Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Syamsuar, Gubernur Riau yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Riau. Syamsuar pada periode April 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.449 berita. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Syamsuar adalah sebesar 3,7 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Syamsuar didominasi oleh pernyataannya kerusakan infrastruktur jalan di Riau akibat adanya perlintasan truk batu bara di Riau. Kemudian ada pula mengenai perkembangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Riau yang semakin hari semakin memburuk. Gubri Syamsuar pun meminta masyarakat bahu membahu menanggulangi kebakaran hutan di Riau.

Selanjutnya di posisi tiga, ada nama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang juga menjabat Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel. Pria yang akrab disapa Paman Birin ini diketahui memiliki pemberitaan sebanyak 765 berita dari berbagai media online. Reach yang dicapai oleh Sahbirin Noor dalam berbagai pemberitaan di bulan April 2023 adalah sebesar 1,2 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Sahbirin Noor didominasi oleh kabar mengenai kegiatan sahur bareng yang senantiasa dijalani oleh Sahbirin Noor di bulan Ramadhan. Saat ia bersantap sahur bersama warga Pulau Bromo, Banjarmasin, Sahbirin Noor sempat dicurhati warga mengenai kondisi jalan Titian yang rusak parah. Lalu ada berita mengenai penyelenggaraan Kalsel Nasional Halal Fair 2023 yang digagas olehnya dan pemberitaan lainnya.

Di urutan keempat ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara ini memiliki berita sebanyak 688 pemberitaan dengan pencapaian reach sebesar 2,3 juta jangkauan.

Posisi kelima diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini memiliki 448 pemberitaan sepanjang April 2023, baik yang tersebar di media online lokal maupun nasional. Reach yang dimunculkan dari berita mengenai Ace Hasan Syadzily adalah sebesar 4,48 juta jangkauan.

Di posisi keenam ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe. Sepanjang April 2023, Walikota Parepare ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 435 berita dengan capaian reach sebesar 1,9 juta jangkauan.

Rohidin Mersyah, Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu menempati posisi ketujuh. Pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Bengkulu ini memiliki pemberitaan sebanyak 432 berita. Capaian reach dari berita mengenai Rohidin Mersyah adalah sebesar 444.543 jangkauan.

Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar menempati posisi delapan untuk kategori pemberitaan terbanyak yang menjadikannya salah satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler di Indonesia. Ahmed Zaki Iskandar yang juga menjabat sebagai Bupati Tangerang ini memiliki 373 berita dan capaian reach atau jangkauan sebanyak 1,2 juta jangkauan.

Posisi sembilan diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Perempuan yang menjabat sebagai Bupati Serang ini memiliki pemberitaan sebanyak 283 berita dan capaian reach sebesar 265.528 jangkauan.

Di posisi kesepuluh atau terakhir, diisi oleh Ketua DPD I Partai Golkar DI Yogyakarta, Gandung Pardiman. Ini kali pertama bagi Gandung Pardiman masuk dalam daftar 10 Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler. Untuk April 2023, Gandung Pardiman memiliki 204 pemberitaan. Reach yang dicapai Gandung Pardiman dengan beritanya yakni sebesar 781.190 jangkauan.

Demikian 10 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan April 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 10 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya, hanya saja posisi tiga besar tampaknya belum ada perubahan yang signifikan.

Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Berikut merupakan daftar lengkapnya:

1. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Total: 2.336 Pemberitaan
Reach: 21,4 juta jangkauan

2. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
Total: 1.449 Pemberitaan
Reach: 3,7 juta jangkauan

3. Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
Total: 765 Pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan

4. Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
Total: 688 Pemberitaan
Reach: 2,3 juta jangkauan

5. Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jabar
Total: 448 Pemberitaan
Reach: 4,48 juta jangkauan

6. Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel
Total: 435 Pemberitaan
Reach: 1,9 juta jangkauan

7. Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Total: 432 Pemberitaan
Reach: 444.543 jangkauan

8. Ahmed Zaki Iskandar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI
Total: 373 Pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan

9. Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Total: 283 Pemberitaan
Reach: 265.528 jangkauan

10. Gandung Pardiman
Ketua DPD I Partai Golkar DIY
Total: 204 Pemberitaan
Reach: 781.190 jangkauan {golkarpedia}