Pulang Dari KPU, Ketua Partai Golkar Kubu Raya Bunuh Diri Terjun Ke Sungai

Warga Kuala Dua dihebohkan dengan insiden bunuh diri yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas Ketua DPD II Partai Golkar Kubu Raya, IQ (43 tahun) di Sungai Kapuas, pada Minggu, 14 Mei 2023, sekitar pukul 10.30 WIB.

Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade, memaparkan, saat hendak bunuh diri, korban sempat dihalangi oleh istrinya. Istri korban sempat menarik suaminya, sebelum IQ menceburkan diri ke Sungai Kapuas.

IQ diketahui menjabat sebagai Plt Ketua DPD II Partai Golkar Kubu Raya. Dia nekat melakukan aksi bunuh diri di sebuah pangkalan pasir, di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya.

Ade mengatakan, pada saat sedang berada di KPU Kubu Raya, dalam rangka pengajuan caleg partai Golkar Kubu Raya, korban mengajak istrinya untuk pulang ke rumah, namun korban mengarah ke arah Kuala Dua.

Ketika mobil sudah masuk ke arah pangkalan pasir, korban mengarahkan mobil ke arah Sungai Kapuas, hendak menjeburkan diri, tetapi dihalangi istrinya dengan menarik tuas rem tangan mobil.

“Saksi keluar minta tolong, dan korban juga keluar dari mobil kemudian melompat ke Sungai Kapuas. Dan sampai saat ini korban belum ditemukan,” kata Ade.

Selain istri korban, kejadian tersebut juga disaksikan oleh seorang pekerja yang sedang mengoperasikan eksavator.

Menurut Ade, dari keterangan saksi, mobil Suzuki Ertiga warna silver masuk ke pangkalan pasir, dengan kecepatan tinggi. Sempat berhenti di belakang eksavator. Pekerja tersebut berpikir pasangan suami istri ini hendak membeli ikan.

“Tidak lama kemudian mobil kembali jalan ke arah dermaga pangkalan pasir dan berhenti di depan steher, kemudian melihat adanya laki-laki dan perempuan (diketahui suami-istri) berada di dalam mobil. Terjadi tarik menarik, hendak keluar mobil. Melihat perempuan keluar mobil minta tolong, dan menyusul laki-laki keluar dari mobil menggunakan baju kuning berjalan menuju tongkang pasir, kemudian menceburkan diri di belakang tongkang tepat berada dijangkar tongkang,” paparnya.

Diketahui korban merupakan Plt Ketua DPD II Partai Golkar Kubu Raya, dan pada saat kejadian korban memohon izin dari kegiatan Pencalonan Bakal Calon Legislatif dari Partai Golkar di KPU Kubu Raya. Belum diketahui pasti motif aksi bunuh diri. Hingga kini petugas masih melakukan proses pencarian terhadap korban.

“Saat ini tim SAR (Polres Kubu Raya, Polsek Sungai Raya, Airud Polda Kalbar dan Basarnas Pontianak) yang dipimpin Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat masih melakukan upaya pencarian korban,“ tukasnya.

Ketua DPD I Partai Golkar Kalbar, Maman Abdurrahman, beserta sejumlah pengurus juga masih berada di lokasi kejadian, memantau proses pencarian. (Sumber)