News  

Belasan Jemaah Haji Khusus: Bayar Mahal Tapi Tidur Berdesakan Hingga WC Mampet

Permasalahan dalam pelaksanaan haji 2023 ternyata turut dialami jemaah haji khusus, terutama di tenda maktab di Mina.

Para jemaah harus rela tidur berdesakan, makanan terlambat, hingga ada gangguan toilet mampet di tenda.
Ada jemaah yang mengaku merasa tersiksa dengan kondisi tersebut.

Namun, ada pula yang masih berbesar hati menerimanya dan menganggap permasalahan tersebut sebagai ujian dari Allah SWT.

Tidur Berdesakan – Makanan Telat
Tim detikHikmah yang tergabung dengan tim MCH 2023 mendapati jemaah haji khusus di pemondokan Mina harus tidur berdesakan. Kondisi itu terlihat di maktab haji khusus untuk jemaah perempuan maupun laki-laki.

Jemaah haji khusus terlihat harus tidur berdesakan dengan sesama jemaah maupun barang bawaan masing-masing. Kondisi itu juga membuat sejumlah jemaah harus tidur dalam satu alas tidur.

Bahkan, sebagian jemaah lainnya harus terpaksa tidur di luar tenda yang beberapa di antaranya adalah jemaah lansia. Tampak pula koper-koper jemaah haji khusus yang tidak dimasukkan ke tenda.

Tidak sampai di situ, salah seorang jemaah haji khusus juga mengaku kedatangan makanan kerap terlambat. Kalau makanan tersedia pun, gampang habisnya. “Padahal masih banyak yang belum makan,” katanya.

Toilet Mampet
Satu toilet dengan 7-8 pintu di tenda maktab haji khusus di Mina sempat mampet selama berjam-jam sejak Rabu, 28 Juni, malam. Imbasnya, air kotor meluber hingga ke tenda jemaah.

Salah satu jemaah pun mengeluhkan kondisi ini hingga membuatnya harus menahan diri untuk buang air.

“Ini sudah 4 kali bolak balik WC tapi tak pernah bisa masuk. Terpaksa dari tadi malam menahan buang air besar,” katanya.

Di sisi lain, jemaah haji khusus lain yang bernama Ahmad masih mencoba berbesar hati mengalami permasalahan tersebut. Menurutnya, hal itu bisa jadi merupakan salah satu ujian dari Allah SWT.

“Insya Allah ini salah satu ujian dari Allah, kalau Nabi Muhammad SAW ujiannya luar biasa, ini ujiannya belum ada apa-apanya dibanding ujian yang diterima Nabi Muhammad SAW dulu, belum ada tenda dan toilet,” tutur dia.

Hal ini sudah dilaporkan pihak agen travel ke maktab namun berujung tanpa respons hingga Kamis, 29 Juni, pagi. Pada akhirnya, petugas baru terlihat menyedot kotoran yang mampet sekitar pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (Sumber).