Anne Ratna Mustika Jadi Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Juni 2023

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika masih bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode Juni 2023. Kali ini Anne Ratna Mustika tampak menunjukkan tajinya sebagai salah seorang kepala daerah yang tak kenal lelah bekerja untuk rakyatnya.

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuknya mengingat Anne Ratna Mustika adalah seorang politisi perempuan. Dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Juni 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Anne Ratna Mustika, politisi perempuan Partai Golkar sekaligus Bupati Purwakarta periode 2018-2023. Namanya mungkin tidak asing lagi di telinga warga Purwakarta dan Jawa Barat pada umumnya.

Popularitas Anne Ratna Mustika berdasar tools yang kami gunakan mendapat predikat terpopuler dengan mengumpulkan 573 pemberitaan selama bulan Juni 2023. Pemberitaan yang dimilikinya menghasilkan reach mencapai 2,5 juta jangkauan.

Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Ambu Anne, panggilan akrabnya adalah terkait penghargaan yang diterima Kabupaten Purwakarta dari detikJabar Awards dalam kategori pelayanan keluarga sehat. Kemudian ada pula pemberitaan Anne Ratna Mustika sebagai Bupati Purwakarta menghadapi Idul Adha baik dalam pengelolaan penjualan hewan kurban maupun persiapan Purwakarta menyambut wisatawan.

Di urutan kedua ada anggota Komisi I DPR RI yang juga merupakan mantan pesohor negeri, Nurul Arifin. Komisi I DPR RI merupakan komisi yang membidangi lingkup pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika. Untuk periode Juni 2023, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 322 berita dengan reach sebesar 2,3 juta jangkauan.

Pemberitaan yang menyebut nama Nurul Arifin antara lain saat Nurul Arifin mendampingi Menko Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat berkunjung di Kota Bandung. Nurul Arifin juga banyak mendapat sorotan atas pernyataannya terkait dengan banyaknya artis yang terjun ke dunia politik. Nurul Arifin mengatakan bahwa mereka perlu membekali diri dengan kapasitas dan tak hanya berbekal popularitas semata.

Nomor tiga, ada nama baru yang coba kami munculkan, yakni Atalia Praratya atau Bu Cinta, Istri dari Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Waketum DPP Partai Golkar. Atalia Praratya kini telah resmi bergabung dengan Partai Golkar. mengikuti jejak sang suami.

Atalia Praratya sendiri untuk bulan Juni 2023 berhasil meraih 309 pemberitaan, dengan capaian reach sebesar 1,9 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai Atalia Praratya di antaranya mengenai program sekoper cinta, Atalia Praratya yang dianugerahi penghargaan dari detikJabar Awards. Lalu pemberitaan tentang, kunjungan yang dilakukan oleh Atalia Praratya ke Pasar Tambun, Bekasi yang menjadikannya sebagai pasar percontohan digitalisasi.

Selanjutnya, di urutan keempat ada nama Riana Sari Arinal yang menjabat sebagai Ketua IIPG Lampung. Untuk periode Juni 2023, istri dari Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memiliki pemberitaan sebanyak 270 berita dengan reach sebesar 171.727 jangkauan.

Sementara di urutan keempat, diisi oleh nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang MPO (Media dan Penggalangan Opini) DPP Partai Golkar ini mendapatkan posisi keempat dengan 205 pemberitaan selama periode bulan Juni 2023. Reach yang dihasilkan dari pemberitaan miliknya adalah sebesar 1,4 jangkauan.

Di tempat kelima ada nama Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Perempuan yang menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten ini untuk Juni 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 201 berita dengan jangkauan mencapai 320.277 reach. Di Bawah Ratu Tatu ada nama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Bupati cantik ini berada di urutan keenam dengan jumlah berita sebanyak 168 pemberitaan serta capaian reach sebesar 580.917 jangkauan.

Posisi tujuh ada nama Ketua Umum KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) Airin Rachmi Diany. Calon Gubernur Banten di Pilkada 2024 ini memiliki berita sebanyak 167 pemberitaan dengan reach mencapai 500.196 jangkauan untuk Juni 2023. Mengikuti Airin, ada nama Cen Sui Lan, anggota Komisi V DPR RI yang memiliki pemberitaan sebanyak 153 berita dan reach mencapai 146.303 jangkauan.

Terakhir, Hetifah Sjaifudian yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI berada di urutan 10. Komisi X DPR memiliki ruang lingkup tugas di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga. Untuk Juni 2023, Hetifah memiliki pemberitaan sebanyak 143 berita dan cakupan reach sebesar 1,6 juta jangkauan.

Seluruh data ini bisa berubah seiring perjalanan waktu. Lalu, terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan Juni 2023. Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Juni 2023, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak. Berikut daftar lengkapnya!

Daftar Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Juni 2023

Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta
Total: 573 pemberitaan
Reach: 2,5 juta jangkauan

Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 322 pemberitaan
Reach: 2,3 juta jangkauan

Atalia Praratya
Fungsionaris DPP Partai Golkar
Total: 309 pemberitaan
Reach: 1,9 juta jangkauan

Riana Sari Arinal
Ketua IIPG Lampung
Total: 270 pemberitaan
Reach: 171.727 jangkauan

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Total: 205 pemberitaan
Reach: 1,4 juta jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
Total: 201 pemberitaan
Reach: 320.277 jangkauan

Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara
Total: 168 pemberitaan
Reach: 580.917 jangkauan

Airin Rachmi Diany
Ketua Umum PP KPPG
Total: 167 pemberitaan
Reach: 500.196 jangkauan

Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
Total: 153 pemberitaan
Reach: 146.303 jangkauan

Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Total: 143 pemberitaan
Reach: 1,6 juta jangkauan {golkarpedia}