2 Anak Amien Rais Mundur Dari Fraksi PAN DPRD DI Yogyakarta

DPRD DIY mengelar rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD DIY Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024, Kamis (31/8).

Salah satu anggota yang di-PAW adalah putri Amien Rais yaitu Hanum Rais dari Fraksi PAN.
“(Yang di-PAW) Pak Parjo (Suparja dari Fraksi NasDem) meninggal dunia. Mbak Hanum mengundurkan diri,” kata Ketua DPRD DIY Nuryadi ditemui di DPRD DIY, Kamis (31/8).

Nuryadi menjelaskan posisi Hanum digantikan oleh Mardiyono. Sementara posisi Suparja digantikan oleh Christina Ari Retnaningsih.

Hanum, menurut Nuryadi, sudah cukup lama mengundurkan diri dari anggota DPRD DIY. Namun detail waktunya Nuryadi mengaku lupa.

“Sudah proses itu (mengundurkan diri) sudah enggak ngantor,” katanya.
Pergantian anggota ini menurut Nuryadi tidak akan mempengaruhi kinerja dari DPRD DIY. Justru, diharapkan kinerja lembaga ini bisa meningkat.

“Mereka biasanya sudah dipersiapkan dari partai politiknya pasti. Sehingga secara umum apa yang dilakukan dia pasti sudah tahu. Harapan kita itu melengkapi kita, menyempurnakan kita, sehingga kekompakan ini menjadikan lembaga ini solid dan bisa menangkap aspirasi dari masyarakat manapun,” katanya.

Baihaqy Rais Juga Mundur
Selain Hanum, Baihaqy Rais juga mengundurkan diri dari anggota DPRD DIY. Hanya saja proses PAW masih menunggu dari Kemendagri.

Nuryadi mengatakan selain Hanum dan Suparja ada 2 anggota lagi yang diproses PAW yaitu Baihaqy yang mengundurkan diri dan Suharwanta yang meninggal dunia.

“Mas Harwanta meninggal dunia, Mas Baihaqy mengundurkan diri,” katanya.
Menurutnya begitu dari Kemendagri proses selesai maka PAW untuk keduanya juga akan segera dilakukan.
“(Karena) tidak mungkin kita mendahului dari proses Kemendagri itu,” katanya.

Hanum Pindah ke Partai Ummat
Sebelumnya Hanum Rais sempat menyatakan menyeberang ke Partai Ummat bentukan Amien Rais. Hanum yang merupakan anggota DPRD DIY dari PAN itu mengaku sudah mengundurkan diri dari PAN.

Di pemilu mendatang, dia akan maju jadi caleg DPR RI dari Partai Ummat.
“Oh iya itu saya sudah informasi Pak Ketum PAN sudah paham saya sudah mengundurkan diri juga. Sudah (resmi),” kata Hanum ditemui usai syawalan dan Rakerwil Partai Ummat DIY di Tajem, Kabupaten Sleman, pada 29 April 2023.

Dia menjelaskan, surat sudah dikirim 10 hari sebelum bulan puasa berakhir atau ketika Hanum ulang tahun.
“(Untuk proses pengunduran diri DPRD DIY) wah saya enggak tahu, kan, yang penting prosesnya sudah berjalan, ya,” jelasnya.

Hanum mengatakan mantap di Partai Ummat karena merupakan birrul walidain atau bentuk bakti kepada orang tua, yaitu Amien Rais.

“Yang saya tahu perjuangannya seperti apa dan, ya, seluruh keluarga juga mendukung. Jadi bismillah,” katanya.(Sumber)