Ini 5 Pembalap Calon Pemenang MotoGP Jepang 2023

Berikut lima pembalap calon pemenang MotoGP Jepang 2023. Pekan balapan ke-14 MotoGP 2023 itu akan dihelat di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu 1 Oktober mendatang.

Jepang merupakan kandang bagi dua pabrikan besar yakni Yamaha dan Honda. Namun, melihat kiprah kedua motor itu belakangan ini, tampaknya akan sulit melihat wakil tuan rumah menjadi pemenang.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team) mengangkat trofi pemenang MotoGP Inggris 2023 (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

Lalu, siapa saja lima pembalap calon pemenang MotoGP Jepang 2023? Berikut ulasannya.

5. Aleix Espargaro

Pembalap asal Spanyol ini punya peluang cukup besar untuk memenangi balapan. Sebab, Espargaro berhasil menemukan kecepatannya lagi pada sesi practice yang berlangsung Jumat (29/9/2023) siang WIB.

Sesi tersebut berlangsung dalam kondisi yang mirip dengan balapan. Oleh karena itu, Espargaro yang menempati posisi tiga, berpeluang besar menjadi pemenang.

4. Brad Binder

Brad Binder

Pembalap tim Red Bull KTM ini baru saja memecahkan rekor satu putaran tercepat di Motegi yang dicatatkan Jorge Lorenzo pada 2015. Binder melakukannya pada sesi practice Jumat siang.

KTM sendiri cukup punya peluang untuk menjadi pemenang di Jepang. Oleh karena itu, Binder tak bisa dikesampingkan begitu saja

3. Marco Bezzecchi

Calon pemenang berikutnya adalah Bezzecchi. Pembalap asal Italia ini konsisten dalam mencatatkan lajunya pada dua sesi sejauh ini.

Marco Bezzecchi

Pembawaannya yang tenang namun menghanyutkan, membuat Bezzecchi sebagai kandidat kuat untuk memenangi balapan ini. Lagipula, ia tengah berusaha keras terus menjaga peluang menjadi juara dunia.

2. Jorge Martin

Jorge Martin menjadi pemenang pertama pada Sprint Race MotoGP India 2023 (Foto: Instagram/@89jorgemartin)

Selama ini, Martin dikenal sebagai pembalap yang punya single lap bagus, tetapi jelek dalam long run. Jika hal itu bisa diatasi di Jepang, Martinator merupakan kandidat kuat.

Sama seperti Bezzecchi, pembalap asal Spanyol itu sedang berusaha mengejar pemuncak klasemen. Apalagi, Martin bisa menyalipnya jika memenangi balapan dan sang pemuncak gagal menyelesaikan balapan.

1. Francesco Bagnaia

Sang juara dunia bertahan sekaligus pemuncak klasemen MotoGP 2023 itu punya peluang besar untuk menang. Kecepatannya sejauh ini terlihat bagus di Jepang.

Francesco Bagnaia

Namun, Bagnaia harus bisa menghapus kenangan buruknya musim lalu. Ia gagal finis dan sempat membuka peluang bagi Fabio Quartararo untuk mempertahankan gelarnya.

Pun begitu, Bagnaia tetap menjadi kandidat kuat pemenang MotoGP Jepang 2023. Apalagi, motor Ducati Desmosedici GP23 tampak cocok dengan Motegi.(Sumber)