Sarmuji Raih Detik Jatim Awards Sebagai Tokoh Peduli Sosial dan Ekonomi Kerakyatan

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji menerima Anugerah Figur Akselerator Pembangunan di detikJatim Awards 2023 kategori Tokoh Peduli Sosial dan Ekonomi Kerakyatan. Penghargaan ini karena kepeduliannya yang begitu tinggi pada rakyat. Kepedulian ini diwujudkan melalui berbagai program.

Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Pemimpin Redaksi detikcom pada Sarmuji di TheSinghasari Resort Batu, Senin (27/11/2023). Usai penghargaan, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut menyampaikan perasaannya usai menerima penghargaan.

“Bagi saya ini penghargaan sebenarnya bukan sebuah hadiah tapi capaian. Saya diajarkan kiai saya kalau dianggap buruk maka terima saja, kita nggak tahu seberapa buruk ke depan. Kalau dianggap baik maka, berbuat lah baik mudah-mudahan ini menjadi motivasi saya menjadi lebih baik,” kata Sarmuji.

Sarmuji berjanji akan terus melakukan usaha untuk memajukan UMKM di Indonesia.

“Kami akan terus concern untuk mengembangkan UMKM masyarakat kecil agar naik kelas, kelas biasa semakin berkembang dan sejahtera,” harapnya.

Berbagai usaha dilakukan Sarmuji untuk memastikan UMKM mendapatkan fasilitas yang mumpuni. Ia kerap menyambangi sejumlah UMKM dan menggelar festival hingga pelatihan dengan tujuan agar UMKM di Indonesia, khususnya di Jatim bisa naik kelas.

Dirinya berupaya untuk terus membantu para pelaku UMKM agar lebih berdaya, melek digital, hingga bisa mengekspor produknya ke mancanegara. Salah satu buktinya, terbaru ia memastikan langsung gelaran Festival UMKM Level Up di Tulungagung berjalan sukses.

Sarmuji juga pernah menggelar pelatihan literasi keuangan untuk para pelaku UMKM di Kediri. Pelatihan ini digelar dalam rangka mendukung UMKM daerah naik kelas.

Anggota DPR RI Dapil VI Jatim itu pun berharap, agar di tengah era digitalisasi ini, UMKM bisa mendapatkan support maksimal dari negara. Hal tersebut tentu menjadi hal yang penting untuk terus mempertahankan bahkan menaikkan kelas dari pelaku UMKM menjadi pelaku ekonomi dengan pasar yang lebih besar.

Tak hanya itu, Sarmuji pun bahkan selalu tanggap untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Salah satunya ketika pupuk tengah mengalami kelangkaan hingga harganya naik. Ia langsung mengadakan pelatihan pupuk organik yang diikuti ratusan peserta di wilayah Blitar, Tulungagung, dan Kediri. Aksi ini merupakan salah satu bentuk solusi untuk mengatasi kelangkaan pupuk.

Berbagai usaha yang telah dilakukan oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur sekaligus Pembina Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) tersebut menunjukkan bahwa dirinya benar-benar peduli terhadap ekonomi kerakyatan, khususnya di wilayah Jawa Timur.(Sumber)