Gara-Gara Indonesia, Jorge Martin Gagal Jadi Juara Dunia MotoGP 2023

GARA-GARA Indonesia, Jorge Martin gagal jadi juara dunia MotoGP 2023. Hal itu diakui oleh pembalap berjuluk Martinator tersebut dalam sebuah wawancara “El Hormiguero” di Antena 3, Spanyol.

Seperti diketahui, gelaran MotoGP 2023 secara resmi telah berakhir dengan pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia yang keluar sebagai juara. Dia meraih titel kedua secara beruntun dengan mengalahkan Martin di papan klasemen MotoGP 2023.

Jorge Martin (Pramac Ducati) melaju di Sirkuit Internasional Mandalika pada MotoGP Mandalika 2023 (Foto: Instagram/@89jorgemartin)

Ya, di antara semua pembalap MotoGP lain, Martin bisa dibilang yang paling kesal dengan hasil Bagaimana tidak? Sepanjang paruh kedua musim ini, dia mampu bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara.

Nahas, di beberapa seri terakhir, performanya sedikit goyah. Bahkan, tepat pada seri terakhir MotoGP Valencia 2023, Martin justru harus terjatuh di lap keenam. Hal itu lantas membuat harapannya menjadi juara dunia pupus begitu saja.

“Saya sangat menyukai putaran terakhir di Valencia. Ada banyak penggemar dan setelah kemenangan di Sprint Race pada hari Sabtu, semua orang bernyanyi, ‘Ya, kita bisa melakukannya,'” kata Martin di wawancara El Hormiguero dilansir dari GPOne, Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut, pembalap berusia 25 tahun itu merasa balapan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), adalah awal mula kegagalannya. Saat itu, dia sempat unggul 10 detik dari lawan-lawannya.

Namun, sikap jemawa membuat Martin lengah. Pembalap asal Spanyol itu terjatuh di putaran ke-13 sehingga tak mendapat satu poin pun.

Dibandingkan tahun lalu rasanya saya sudah melangkah maju, dulu saya sering terjatuh, kini saya menjadi lebih konsisten. Saya rasa saya belum kehilangan gelar juara di Valencia, yang masih menyakiti adalah balapan di Indonesia,” papar Martin.

“Saya sempat memimpin dengan keunggulan tiga detik dan dengan hasil itu, mungkin, saya akan memenangkan Kejuaraan Dunia. Merasa begitu unggul pada saat itu dan ingin mempermalukan lawan saya, membuat saya gagal,” sambung pembalap kelahiran Madrid itu.

Marc Marquez (Repsol Honda) berusaha mendahului Jorge Martin (Pramac Ducati) pada balapan MotoGP Valencia 2023 (Foto: Honda Racing Corporation)

“Saya belajar Anda bisa memenangkan lomba bahkan untuk (selisih) 0,1-0,2 detik dan poinnya tetap sama,” tandasnya.

Itu tadi gara-gara Indonesia, Jorge Martin gagal jadi juara dunia MotoGP 2023. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca sekalian.(Sumber)