News  

Ini 6 Cara Mencuci dan Merawat Baju Shimmer Agar Tak Rusak dan Tetap Cantik!

Jika tahun lalu tren baju lebaran berdasarkan warna, yakni hijau toska, tahun ini tren baju lebaran 2024 berdasarkan bahan, yakni baju shimmer.

Baju shimmer merujuk pada pakaian yang bahannya menimbulkan kilauan atau cahaya. Melihat bahannya, banyak orang jadi bertanya-tanya cara mencuci baju shimmer ini bagaimana?

Dikarenakan bahan baju shimmer terbuat dari silk dengan permukaan glossy ini menimbulkan pertanyaan adakah cara khusus untuk mencuci baju shimmer. Ketika dikenakan pakaian ini akan memperlihatkan efek metalic shining. Ini membuat orang-orang berpikir bagaimana jika setelah dicuci efek tersebut hilang.

Jika kamu mengikuti tren baju shimmer sebagai busana lebaran, tapi kamu khawatir cara merawatnya, baca artikel ini sampai selesai. Kamu tidak perlu khawatir pada cara mencuci baju shimmer yang kamu pilih. Agar kesan elegan tetap dimiliki pakaian kamu, cobalah cara di bawah ini untuk mencuci baju shimmer yang kamu punya.

1. Jangan direndam terlalu lama

Baju shimmer tidak dapat direndam terlalu lama, sehingga hindari merendam baju berbahan shimmer terlalu lama. Kamu bisa merendamnya hanya sekedar 10 menit sebelum dicuci. Jika terlalu lama, tindakan ini bisa merusak serat kain.

2. Cuci dengan air bersuhu normal

Hindari mencuci baju shimmer menggunakan air bersuhu panas atau terlalu dingin. Pastikan air yang digunakan adalah air bersuhu normal.

3. Jangan cuci pakai mesin cuci

Baju shimmer tidak dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Agar baju shimmer awet, disarankan untuk mencucinya secara manual menggunakan tangan. Cara mencuci baju shimmer dengan cara manual maksudnya adalah dapat digosok perlahan pakai tangan tanpa menggunakan sikat agar serat kainnya tetap terjaga .

4. Hindari penggunaan pelembut 

Hindari menggunakan pelembut dan pemutih pakaian saat mencuci baju shimmer. Oleh karenanya harus dipisahkan pencuciannya dari pakaian lain yang kamu cuci menggunakan pelembut pakaian. Bahan-bahan pelembut bisa mempercepat kerusakan pakaian berbahan shimmer.

5. Setrika dengan suhu tidak terlalu panas

Kamu mungkin ingin baju shimmer lebaran kamu tampak lebih rapi dengan menyetrikanya. Jika iya, disarankan untuk menyetrika baju kamu dengan suhu yang tidak terlalu panas. Suhu setrika yang terlalu panas bisa berpotensi meningkatkan kerusakan. Oleh karenanya, bagian yang sebaiknya disetrika hanya bagian dalam saja.

6. Simpan di tempat yang teduh

Setelah dicuci bersih, baju shimmer harus dijemur di tempat yang teduh, tidak di bawah sinar matahari langsung. Demikian juga ketika penyimpanannya. Setelah disetrika dengan baik, simpan di tempat yang kering, tidak lembab. Kelembaban dapat mengakibatkan perubahan warna pada baju.

Demikian itu cara mencuci baju shimmer. Semoga bermanfaat.

(Sumber)