Wisata  

Miris! Destinasi Wisata Bondowoso ‘Rawa Indah Almour’ Terbengkalai Pasca Pandemi

Rawa Indah Almour, sebuah objek wisata yang sempat viral dan menjadi destinasi favorit di Desa Alassumur, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, kini kondisinya memprihatinkan.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penutupan tempat wisata ini, dan upaya pembukaan kembali pada tahun 2023 ternyata tidak berhasil mengembalikan kejayaannya.

Kini, destinasi ini jauh dari kesan ramai pengunjung yang dulu sempat dinikmatinya, bahkan hampir tidak ada pengunjung yang datang.

Fasilitas yang tadinya dirawat kini terbengkalai. Mulai dari kios hingga gazebo yang ada di sekitar rawa, semuanya terlihat tidak terawat.

Bahkan jembatan bambu yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini pun kini kondisinya mengkhawatirkan.

Baskara dan Humaini, dua wisatawan asal Jember yang berencana mengunjungi Rawa Indah Almour, merasa kecewa dengan kondisi yang mereka temukan.

“Kami berharap bisa menikmati keindahan alam di sini seperti yang kami lihat di media sosial. Namun, saat kami tiba, kami disambut dengan pemandangan yang jauh dari ekspektasi,” ujar Humaini.

Mereka berdua pun berkeliling dan melihat langsung kondisi terkini dari Rawa Indah Almour.

“Sangat disayangkan melihat objek wisata dengan potensi yang besar seperti ini menjadi terbengkalai,” tambah Baskara.

Menurut informasi, ikan koi dan nila yang menjadi salah satu atraksi di rawa ini, kini hanya mengandalkan makanan alami karena tidak ada lagi pengunjung yang memberi makan.

Keadaan ini menyiratkan betapa parahnya dampak pandemi terhadap industri pariwisata, khususnya bagi destinasi wisata lokal seperti Rawa Indah Almour.

Hal ini menjadi pemanggilan bagi pemerintah setempat dan pihak terkait untuk mengambil langkah dalam menghidupkan kembali objek wisata ini agar kembali ramai dikunjungi dan menjadi salah satu tujuan wisata yang menjanjikan di Bondowoso.

Baskara dan Humaini, serta mungkin banyak pengunjung lainnya, masih berharap akan ada upaya untuk mengembalikan kejayaan Rawa Indah Almour, agar mereka dan wisatawan lain dapat kembali menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Bondowoso.

(Sumber)