News

4 Tradisi Unik Idul Adha Di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia

0

Lebaran Haji atau Idul Adha sudah di depan mata. Bagaimana cara Teman Traveler merayakan hari besar ini? Dimulai dari salat Idul Adha, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban? Ternyata, di beberapa negara lain ada yang melakukan kegiatan khusus untuk menyemarakkan Lebaran Haji, lho. Lantas, negara mana saja yang melakukan tradisi unik di setiap Idul Adha? Simak terus ulasan di bawah ini.

Mesir, Mengonsumsi Makanan yang Serba Daging

Warga Mesir biasanya merayakan Idul Adha dengan memakan hidangan yang banyak mengandung daging. Menurut Ask Aladdin, pada saat sarapan, warga Mesir biasa memakan daging yang telah dipotong kotak-kotak atau tumis hati. Daging tersebut dimakan dengan fatta, yaitu nasi yang dimasak dengan saus tomat.

Bila tidak sempat memakan daging dan fatta saat sarapan, maka keduanya wajib dihidangkan pada saat makan siang. Setelah itu, makanan penutup yang disebut ro’a’ dihidangkan. Ro’a’ merupakan makanan yang mirip dengan pai daging. Selain tumis hati dan ro’a’, makanan lainnya yang biasa dihidangkan adalah daging iga kambing.

Semarang, Tradisi Apitan

Tradisi unik kali ini datang dari Semarang tepatnya daerah Sampangan. Masyarakat muslim di sini menggelar tradisi bernama Apitan yang ditandai dengan pembuatan gunungan berisi bahan-bahan makanan. Contohnya seperti tomat, jagung, padi dan bahkan cabai. Gunungan ini dibuat sebagai bentuk apresiasi atas rahmat dan rezeki yang dilimpahkan oleh Sang Pencipta.

Bangladesh, Mudik Menggunakan Kereta

Beda lagi dengan Bangladesh yang masyarakatnya melaksanakan mudik di saat Idul Adha. Semua stasiun dan terminal dipenuhi oleh masyarakat yang ingin segera pulang ke kampung halamannya. Mereka rela berdesak-desakkan, bahkan sampai naik ke atas gerbong kereta. Bagi masyarakat muslim di Bangladesh, Idul Adha membawa banyak kebahagiaan dan berkah, karenanya maka mereka ingin merayakannya bersama keluarga.

Rusia, Menyembelih di Rumah Potong

Menyembelih di rumah pemotongan hewan via shutterstock
Rusia juga punya tradisi unik ketika merayakan Idul Adha. Yaitu masyarakat muslimnya menyembelih binatang kurban di rumah pemotongan hewan. Hal ini karena sudah merupakan keputusan pemerintah setempat. Kebiasaan unik ini berawal ketika di zaman dulu banyak masyarakat muslim yang menyembelih hewan kurban di halaman apartment, sehingga menuai protes warga lainnya.

Nah, itulah deretan negara di dunia yang melakukan tradisi unik setiap Idul Adha. Kita jadi bisa belajar, bahwa Idul Adha tidak hanya dirayakan dengan menyembelih hewan kurban, tapi juga dilengkapi tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun. Selain di atas, apa Teman Traveler tahu negara lain yang menerapkan tradisi unik? [travelingyuk]

Di Kongres PDIP, Mega Cerita Tolak 8 Kursi Menteri Tawaran SBY

Previous article

Strategi Prabowo Semakin Mantap

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *