Akbar Tandjung Punya Resep Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Akbar Tanjung, Politisi Senior Partai Golkar

Politisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung mengingatkan bahwa setelah menjadi pemenang pemilu 2004, Golkar belum mampu merebut juara lagi. Bahkan perolehan kursi Golkar di DPR RI terus mengalami penurunan.

Akbar yang pernah menjadi Ketua Umum Partai Golkar saat awal reformasi juga mewanti-wanti agar perolehan suara parpol berlambang beringin ini tidak dibawah atau lebih kecil dari parpol baru. Sebab Golkar adalah parpol yang sudah memiliki pengalaman panjang dalam perpolitikan di tanah air.

“Kalau sampai dibawah (perolehan suara Golkar dalam pemilu-red) parpol baru, seperti kata orang Medan, mau ditaruh di mana muka awak ini?,” ujar Akbar Tandjung, Minggu (10/11/2019) di Jakarta. Akbar sampai menyebut dua kali kalimat tersebut meski sambil tersenyum.

Akbar mengatakan hal itu saat memberikan ulasan dalam peluncuran buku “Reformasi Paradigma Baru Partai Golkar” karya Ridwan Hisjam di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Selain Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie dan Agung Laksono juga menyampaikan ulasan. Sedangkan Menkopolhukam Prof Mahmud MD memberikan sambutan pengantar.

Pada kesempatan tersebut Akbar Tandjung mengungkapkan saat Pemilu 2004 Golkar menjadi pemenang dengan perolehan kursi DPR RI sebanyak 128.

Namun pada Pemilu berikutnya terus mengalami penurunan. Pada 2009 menjadi 106 kursi. Pada 2014 menjadi 91 kursi. Dan pada Pemilu 2019 menjadi 85 kursi.

“Namun patut kita syukuri bahwa meski kursi turun, Golkar masih menjadi nomor dua,” papar Akbar Tandjung.

Akbar mengingatkan kepada para kader Golkar agar bekerja keras lagi untuk bisa menjadi pemenang dalam Pemilu 2024 nanti. Menurut dia tidak salah Golkar kembali menjadi pemenang, karena posisi sebagai juara itu pernah digenggam. Akbar menegaskan hal tersebut bukan sebagai ambisi semata.

“Nah bagaimana kita menaikkan perolehan suara, menaikan kursi kita dan Insya Allah pada Pemilu 2024 kita menjadi pemenang. Tidak salah Golkar kembali menjadi pemenang, karena kita memang pernah menjadi pemenang (pada Pemilu 2004-red),” ujar Akbar.

Akbar mengatakan memiliki resep bagi pemenangan Golkar, sayang ketika itu dibatasi waktu memberikan ulasan. {teropongsenayan}