Drajad: Amien Rais dan Zulkifli Hasan Bakal Akrab Lagi Seperti Dulu

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo meyakini hubungan Amien Rais dan Zulkifli Hasan (Zulhas) akan kembali harmonis.

Kata Drajad, kedua orang tersebut masih satu keluarga besar dan punya cucu bersama. Selain itu, Amien dan Zulhas dibutuhkan dalam memperbaiki partai berlambang matahari putih itu.

“Banyak sekali peristiwa dan kegiatan yang mengokohkan kebersamaan yang harmonis antara beliau berdua,” kata Drajad kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Dradjad juga mengaku berusaha untuk menyatukan kader dan pengurus PAN yang terlibat dalam konflik internal. Khususnya usai Kongres V di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Saya pribadi akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu memulihkan suasana kekeluargaan di dalam PAN,” ujarnya.

“Saya yakin Pak Amien dan Bang Zul nanti akan bisa kembali akrab seperti dulu,” imbuhnya.

Dradjad juga meminta maaf atas kericuhan yang terjadi pada Kongres V PAN. Menurutnya, peristiwa tersebut mencoreng citra PAN. “Khususnya pemilih PAN, dengan kejadian di atas. Semoga hal ini tidak akan pernah terulang lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, pendiri PAN Amien Rais mengaku banyak kejanggalan yang terjadi selama Kongres V pemilihan ketua umum PAN.

Amien menyampaikan hal itu dalam video berdurasi 7 menit 40 detik, yang diunggahnya di akun Instagram pribadinya. Ia menyebut kongres tersebut menyuguhkan demokrasi jadi-jadian. Bahkan, Amien menyebutnya sebagai yang terburuk dalam sejarahnya berpolitik.

Tak tergantikan

Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) terpilih periode 2020-2025 Zulkifli Hasan kini sedang membentuk kepengurusan baru.

Terkait hal itu, politikus PAN Yandri Susanto menyatakan posisi Amien Rais di partai tidak tergantikan. Ia mengatakan Amien adalah tokoh sentra dan pendiri partai berlambang matahari putih itu.

“Kalau pak Amien itu bagi partai dia posisinya enggak tergantikan. Dia tokoh sentral kan, pendiri, jadi dia tetap yang tertinggi kalau di partai, pak Amien. Siapa mau gantikan Pak Amien?,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Ketua Komisi VIII DPR RI itu enggan menginformasikan posisi Amien Rais di kepengurusan PAN yang baru.

Ia menyatakan posisi Amien Rais di PAN tetap yang tertinggi. “Nah itu tanya ke Bang Zul aja, gimana kalau posisi formalnya. Tapi kalau posisi di PAN ya Pak Amien tetap yang tertinggi,” katanya.

Pada periode sebelumnya, Amien Rais menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN. Posisinya kini belum menemukan titik terang usai Zulkifli Hasan memenangkan pemilihan ketua umum PAN pada Kongres V di Kendari. {tribun}