Tidak Hanya Cegah Ngantuk, Ini Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

manfaat minum kopi untuk kesehatan

RadarAktual.com – Siapa yang tidak tahu minuman kopi ? Semua orang pasti tahu dan banyak yang suka minum kopi terlebih bagi seseorang yang biasa begadang. Pasalnya, kopi dipercaya bisa mencegah rasa kantuk yang datang.

Ternyata bukan hanya untuk mencegah ras kantuk saja. Dari sebuah penelitian, ternyata minum kopi bisa bermanfaat untuk kesehatan. Namun sebagian penelitian lain mengungkapkan bahwa minum kopi bisa mengganggu kesehatan terutama bagi penderita asam lambung.

Terlepas dari penderita asam lambung tersebut, kopi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Asalkan kita meminumnya dengan jumlah normal dan takaran yang tidak berlebihan. Seperti dikutip dari Blodsky, kopi bisa mencegah beberapa penyakit asalkan kita meminumnya dengan jumlah normal dan kontinyu sejak usia muda.

  • Diabetes

Mungkin banyak yang tidak percaya bahwa minum kopi bisa mencegah penyakit diabetes. Namun dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society, antioksidan yang ada dalam kopi dapat menjaga tingkat metabolisme sehingga menyeimbangkan hormon insulin untuk mencegah diabetes di kemudian hari.

  • Alzheimer

Penyakit ini mungkin tidak setenar penyakit diabetes. Alzheimer sendiri merupakan kondisi yang berhubungan dengan usia dimana sel otak mulai merosot mempengaruhi memori, fungsi motorik dan kemampuan kognitif seseorang, sehingga mempengaruhi aktivitas kesehariannya.

Nah…kafein yang terkandung dalam kopi, ternyata bisa merangsang sel otak agar tetap sehat dan aktif untuk waktu yang lebih lama untuk mencegah penyakit ini.

  • Stroke

Penyakit stroke ini mungkin menjadi penyakit yang sangat menakutkan. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan kematian karena pasokan darah ke otak yang tidak mencukupi yang disebabkan oleh gumpalan darah. Selain itu, penyakit ini belakangan ini tidak mengenal usia dimana usia muda juga sudah banyak yang terkena stroke.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum secangkir kopi tanpa gula setiap hari bisa membuat pembuluh darah melebar untuk mencegah pembekuan dan akibatnya mencegah stroke.