Sebut Amien Rais Tokoh Bangsa, PSI: Selamat Untuk Partai Ummat

Kemunculan Partai Ummat yang akan dibentuk Amien Rais semakin mewarnai menjamurnya partai baru di Indonesia. Ini sekaligus menjawab pertanyaan publik soal keseriusan Amien Rais membentuk parpol.

Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka mengucapkan selamat atas partai barunya Amien. “Selamat untuk partai barunya Pak Amien,” kata Isyana saat dimintai tanggapan, Jumat (2/10).

Isyana menyebut keputusan pendiri PAN tersebut membentuk partai baru adalah upaya konstitusional yang harus dihormati.

“Pak Amien adalah contoh tokoh bangsa yang menghormati konstitusi, menempuh jalur konstitusional dengan berjuang melalui partai politik, bukan di jalanan,” tutur Isyana.

Sebelumnya, kemunculan partai ummat tak bisa dilepaskan dari konflik Amien Rais terhadap DPP PAN di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan (Zulhas). Amien sejak kongres di Kendari Februari lalu memang tak sepakat dengan pencalonan Zulhas.

Amien diketahui mendukung Mulfachri Harahap. Namun sayang, kader lebih memilih Zulhas untuk kembali memimpin PAN. Saat itu Amien proses pemilihan penuh kejanggalan.

Berbagai pernyataan Amien soal tak sejalannya lagi khittah PAN dari semangat awal dibentuknya dilempar ke publik. Ia menilai PAN sudah lebih condong kepada penguasa ketimbang menjadi partai yang kritis.

Padahal, sebagai embrio reformasi, PAN diharapkan ikut menjadi penyeimbang kekuasaan dan aspirasi masyarakat. {kumparan}