News  

Mantu Jokowi, Bobby Nasution Sudah 14 Kali Langgar Protokol Kesehatan di Kota Medan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Medan, Sumatera Utara menyatakan kubu pasangan calon Pilkada Kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman telah melakukan pelanggaran protokol kesehatan sebanyak 14 kali.

Lebih banyak dari lawannya, yakni Akhyar Nasution-Salman Alfarisi yang melakukan 9 kali pelanggaran protokol kesehatan di masa kampanye. Jika ditotal, ada 23 pelanggaran protokol kesehatan di Pilkada Medan oleh kedua paslon.

“Jadi per tanggal 20 November 2020, totalnya ada 23 kali pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan kedua paslon,” kata Koordinator Divisi Data Hukum dan Informasi Bawaslu Kota Medan M Taufiqqurohman Munthe, Sabtu (21/11).

Munthe menjelaskan bahwa bentuk pelanggaran protokol kesehatan berupa jumlah orang yang melebihi jumlah ruangan saat kampanye, serta tidak menjaga jarak dan tidak mengenakan masker.

Sanksi yang dijatuhkan mulai dari diperingatkan, diberi surat peringatan atau teguran tertulis.

“Sanksinya kita ingatkan. Alasan mereka masyarakat yang bandel. Kalau mereka kan sudah dibatasi maksimal 50 orang saat kampanye, tapi katanya masyarakat antusias. Mereka mengaku tidak mungkin melarang, itu bisa menghilangkan potensi suara katanya,” ujarnya.

Bawaslu juga mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan ketika menghadiri kampanye paslon. Selain itu, tim pemenangan diharapkan bisa mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

“Ada masyarakat yang mikir dia sebenarnya bukan enggak takut sama covid, tapi kadang-kadang abai dan lupa dan faktor belum biasa. Tapi sekarang masyarakat kita lihat lebih patuh,” kata Munthe.

Bawaslu lalu mengimbau agar masyarakat menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang. Bawaslu berharap masyarakat juga mematuhi protokol kesehatan di TPS.

“Gunakan protokol kesehatan, jaga jarak dan cuci tangan, pakai masker. Tidak terlibat money politik. Kita ingatkan masyarakat agar laporkan kecurangan, laporkan pelanggaran yang terlihat agar dilaporkan ke pengawas pemilu,” tuturnya.

Ada dua pasangan calon yang bertarung di Pilkada Medan 2020. Mereka adalah Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Akhyar merupakan calon wali kota petahana yang masih menjabat sebagai Plt Wali Kota Medan. Dia diusung Demokrat dan PKS.

Bobby adalah menantu dari Presiden Jokowi. Bobby-Aulia diusung 8 partai politik antara lain PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura, dan PSI. {cnn}