Golkar Menang 3 dari 4 Pilkada se-Banten, Hanya Cilegon Kalah

Pilkada serentak 9 Desember 2020 baru saja usai digelar di provinsi Banten. Terdapat 4 pemilihan bupati dan walikota di provinsi jawara dan ulama ini, yaitu: Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Pandeglang.

Partai Golkar memajukan calon-calon terbaiknya di keempat pilkada tersebut, dua di antaranya adalah perempuan.

Di Kota Tangsel, Partai Golkar mendukung wakil walikota Benyamin Davnie berduet dengan Ketua PD AMPG Provinsi Banten Pilar Saga Ichsan. Ben-Pilar didukung 10 kursi parlemen milik Partai Golkar, PPP, PBB dan partai baru Gelora.

Di Kota Cilegon, Partai Golkar mendukung Ketua DPD II Partai Golkar Kota Cilegon yang juga Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati berpasangan dengan Ketua DPC Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Sokhidin.

Ratu Ati-Sokhidin didukung 4 partai: Partai Golkar, Gerindra, Nasdem dan PKB yang menguasai 50 persen kursi parlemen.

Di Kabupaten Serang, Partai Golkar mendukung pasangan petahana Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa. Ratu Tatu Chasanah adalah Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten.

Ratu Tatu-Pandji didukung hampir seluruh parpol pemilik kursi parlemen, yaitu 9 partai kecuali Demokrat dan Gerindra.

Di Kabupaten Pandeglang, Partai Golkar juga mendukung pasangan petahana Irna Narulita-Tanto Warsono Arban. Tanto adalah suami dari anggota DPD RI Andiara Aprilia Hikmat dan Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Banten.

Irna-Tanto juga didukung semua parpol pemilik kursi di parlemen di kabupaten Pandeglang kecuali PBB dan PPP.

Usai pencoblosan hari pertama, 9 Desember 2020, Quick Count atau hitung cepat baik oleh lembaga survei maupun partai sudah banyak mengeluarkan hasil.

Berdasarkan pengamatan Golkarpedia, Partai Golkar berhasil memenangkan 3 dari 4 pilkada di provinsi Banten atau setara 75 persen.

Di Tangsel, pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan menang di 3 Quick Count, yaitu Indikator, LSI dan Charta Politika. Kesemuanya memenangkan Ben-Pilar dengan angka mutlak. Berikut hasilnya:

Indikator
1. Muhammad Sara: 34,42%
2. Azizah Ruhama: 23,72%
3. Benyamin-Pilar: 41,86%

LSI
1. Muhammad Sara: 35,19%
2. Azizah Ruhama: 21,66%
3. Benyamin-Pilar: 43,15%

Charta Politika
1. Muhammad-Sara: 35,96%
2. Azizah Ruhama: 23,76%
3. Benyamin-Pilar: 40,29%

Di Cilegon, Ratu Ati Marliati-Sokhidin harus mengakui keunggulan lawannya yang diusung PKS dan Partai Berkarya, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta. Sampai hari Rabu (9/12/2020) jam 14.45 WIB, sudah ada 24% persen data masuk.

Berikut data lengkapnya:
1. Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta 38,76%
2. Ali Mujahidin-Firman Mutakin 22,75%
3. Ratu Ati Marliati-Sokhidin 25,55%
4. Iye Iman Rohiman-Awab: 12,95%

Di Kabupaten Serang, Berdasarkan hasil quick count versi LSI Denny JA menunjukan Paslon petahana nomor urut 1 Ratu Tatu-Pandji unggul dengan perolehan suara 64,04 persen atau 239,127 suara.

Sedangkan paslon penentang nomor urut 2 Nasrul Ulum dan Eki Baihaki 35,96 persen atau 134,254 suara.

Di Kabupaten Pandeglang, berdasarkan Quick Count internal tim pemenangan Irna Center, pasangan Irna-Tanto hingga Rabu (10/12/2020) pukul 16.00 WIB, perolehan suara paslon Nomor Urut 1 Irna-Tanto berada di angka 70% (persen) dari 73 persen data yang masuk. Angka ini tak mungkin lagi terkejar.

Jika diakumulasi, maka Partai Golkar memenangkan 3 dari 4 pilkada se-Banten. Hanya pilkada Kota Cilegon yang kalah, sementara 3 lainnya dimenangkan dengan mutlak.

Selamat kepada Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, Irna Narulita-Tanto Warsono Arban.