Jalan-jalan ke Surabaya Wajib Banget Nih ke Tempat-tempat ini

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Indonesia mempunyai tempat-tempat yang indah untuk dikunjungi. Setiap tempat yang dikunjungi mempunyai keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Anda bisa berwisata budaya, kuliner, alam, mode, belanja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu tempat yang wajib untuk anda kunjungi adalah Ibu Kota Jawa Timur, yakni Surabaya. Ini adalah salah satu kota yang terkenal di Indonesia. Terkenal dengan sejarahnya sebagai Kota Pahlawan.

Mungkin, salah satu alasan anda untuk berkunjung ke Surabaya juga adalah karena alasan sejarah tersebut. Di kota ini, para pejuang mempertaruhkan nyawanya demi Indonesia. Sehingga, pada waktu itu Surabaya menjadi tempat terjadinya pertempuran sengit yang kita kenal sampai hari ini sebagai Hari Pahlawan 10 November.

Oke, terlepas dari itu, kita sebagai penerus bangsa bisa berwisata ke Kota Pahlawan untuk melihat berbagai hal. Jika anda memang memutuskan untuk jalan-jalan ke Surabaya, maka beberapa tempat di bawah ini sangat sayang untuk dilewatkan.

  • Jembatan Suramadu

Apakah anda ingin melihat jembatan terpanjang di Indonesia? Ya, Jembatan Suramadu yang harus anda lihat. Panjang jembatan ini adalah 5,5 Km di atas perairan laut Selat Madura.

Jembatan Suramadu ini menghubungkan antara Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura. Dengan adanya jembatan ini, orang Madura yang ingin ke Surabaya ataupun orang Surabaya ingin ke Madura, tidak harus menggunakan kendaraan air.

  • House of Sampoerna

Tempat ini merupakan museum segala hal yang berhubungan dengan rokok dan tembakau. Di tempat ini, anda bisa melihat berbagai peralatan yang digunakan untuk mengolah tembakau, pemantik, replika kios dan masih banyak yang lainnya.

Keunikan dari bangunan ini adalah adanya tiang bagian depan yang dibentuk sangat mirip dengan rokok.

  • Tugu Pahlawan

Jangan pernah sebut bahwa anda pernah mengunjungi Surabaya jika tidak mengunjungi Tugu Pahlawan. Tugu ini merupakan ikon dari Kota Surabaya yang mempunyai julukan Kota Pahlawan ini.

Jika anda ingin mengunjungi Tugu Pahlawan, anda mudah untuk menemukannya, yakni di Jalan Pahlawan. Tinggi dari Tugu ini adalah 40 meter dan di bawahnya terdapat museum yang menyimpan berbagai dokumentasi.

  • Rumah Batik

Kita tahu bahwa batik adalah salah satu jenis kain asli Indonesia. Jenis batik ada ribuan dan kemungkinan kita sulit untuk mendapatkan kesemuanya di pasar.

Untuk itu, kita bisa mengunjungi rumah batik di Surabaya. Di rumah batik ini, anda bisa menemukan lebih dari 2000 lembar batik yang masing-masing mempunyai corak berbeda. Batik-batik ini berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

  • Monumen Kapal Selam

Anda ingin melihat kapal selam yang dulu beroperasi dalam pembebasan Irian Barat? Anda harus mengunjungi Monumen Kapal Selam di Surabaya. Di Monumen Kapal Selam ini anda dapat melihat kapal selam asli yang dulu diikutkan dalam operasi pembebasan tersebut. Lokasi yang bisa anda kunjungi untuk menuju Monumen Kapal Selam adalah Jalan Pemuda.

  • Kebun Binatang Surabaya

Tempat menarik lainnya yang bisa diunjungi di Surabaya adalah Kebun Binatang Surabaya. Anda dapat bereksplorasi tentang berbagai jenis satwa di area yang luasnya 37 hektar ini. Untuk bisa masuk ke dalam Kebun Binatang Surabaya, anda tidak harus merogoh kocek yang dalam. Dengan uang 15 ribu rupiah saja anda bisa menikmati eksplorasi dalam Kebun Binatang Surabaya.

Itulah beberapa tempat yang sungguh sayang untuk dilewatkan di Surabaya. Anda harus mengagendakan untuk mengunjungi tempat-tempat di atas saat berkunjung ke Surabaya.