Gonjang-Ganjing Perombakan Anggota Fraksi Golkar di DPR

Fraksi Partai Golkar menggeser sejumlah anggotanya di beberapa komisi di DPR dalam sepekan terakhir. Rotasi itu memantik spekulasi adanya konflik di ‘pohon beringin’. Tak sekali, pergeseran besar-besaran itu terjadi dua kali.

Rotasi pertama terjadi pada Kamis (17/3) lalu. Ada 7 anggota Golkar yang digeser dari Komisi XI DPR yang membidangi keuangan dan perbankan.

Mereka dipindah ke sejumlah komisi.

Dalam surat yang diteken Ketua Fraksi Golkar DPR RI Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Golkar DPR RI Adies Kadir, berikut anggota yang dirotasi:

1. Sarmuji dari Komisi XI ke Komisi I
2. Muhidin Mohammad Said dari Komisi XI ke Komisi II
3. Melchias Markus Mekeng dari Komisi XI ke Komisi VII
4. Andi Achmad Dara dari Komisi XI ke Komisi IV
5. Mukhamad Misbakhun dari Komisi XI ke Komisi IV
6. Agun Gunandjar Sudarsa dari Komisi XI ke Komisi V
7. Putri Anetta Komarudin dari Komisi XI ke Komisi III

Pergeseran besar-besaran itu memicu spekulasi ada ‘api dalam sekam’ di Partai Golkar. Termasuk spekulasi konflik lama antara dua kubu di Partai Golkar: Bamsoet dan Airlangga. Benarkah?

“(Rotasi) hal yang sangat biasa. Rotasi itu wilayah kewenangan pimpinan Fraksi di DPR. Soal alasannya pimpinan yang mengetahui,” kata Misbakhun yang digeser dari Komisi XI ke Komisi V, Jumat (18/3).

Anggota Golkar lain yang digeser, Lamhot Sinaga, menepis anggapan rotasi ini terjadi karena ada konflik di Golkar. Dia juga menepis masih ada perkubuan di Golkar.

“Di tubuh Golkar sudah tidak ada friksi. Semua kami solid satu barisan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Bapak Airlangga Hartarto,” ucap Lamhot yang digeser dari Komisi VII ke Komisi II.

Sumber kumparan menyebut pergeseran dari Komisi Keuangan itu pada pekan lalu itu terkait dengan pemilihan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun, ternyata pergeseran masih berlanjut.

Pada Selasa (22/3), kemarin, 4 anggota Golkar dirotasi dari beberapa komisi. Tak tanggung-tanggung, dalam rotasi itu, Ketua Komisi XI yang juga Bendum Golkar, Dito Ganinduto dicopot dan dipindah ke Komisi II yang membidangi pemerintahan daerah dan pemilu.

Berikut daftarnya:
1. Bambang Heri Purnama dari Komisi VI ke Komisi III
2. Sarmuji dari Komisi XI ke Komisi VI
3. Dito Ganindut dari Komisi XI ke Komisi II
4. Kahar Muzakir dari Komisi III ke Komisi XI
Mereka yang dirotasi dari pimpinan komisi, akan dilantik hari ini.

Pimpinan Fraksi Golkar saat dihubungi kumparan, belum merespons untuk menjelaskan alasan pergantian. Begitu juga DPP Partai Golkar. “Musim pancaroba,” ucap salah seorang anggota yang digeser. {kump}