Musa Rajekshah Jadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Februari 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Nama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sumut berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Februari 2023. Ini kali kedua bagi pria yang akrab disapa Ijeck tersebut menempati urutan pertama dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Sebelumnya Ijeck menempati posisi pertama ini di bulan Desember 2022. Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Musa Rajekshah di tengah polemik hubungannya dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan keinginan untuk menjadikan Partai Golkar sebagai juara pada Pemilu 2024 di Provinsi Sumut.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Musa Rajekshah, ia memiliki total 1.116 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan Februari 2023. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Musa Rajekshah adalah sebesar 3,5 juta jangkauan.

Berita mengenai Musa Rajekshah didominasi oleh saling sindir antara dirinya dengan Gubernur Sumut Edi Rachmayadi tentang figur yang tepat memimpin Sumut ke depan. Lalu ada juga pemberitaan mengenai pertemuan Ijeck dan Rektor USU, Muryanto Amin dalam pembahasan persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU).

Berita yang juga cukup banyak menjadi sorotan adalah mengenai perhelatan F1 Powerboat Championship 2023 yang dihadiri oleh Musa Rajekshah selaku Wagub Sumut. Ada pula pemberitaan mengenai masuk nominasinya Musa Rajekshah dalam tokoh yang bakal menerima penghargaan bidang otomotif dari IMI.

Selanjutnya berada di bawah Ijeck, Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Syamsuar, Gubernur Riau yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau. Untuk periode pemberitaan Februari 2023, Syamsuar memiliki pemberitaan sebanyak 959 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Syamsuar adalah sebesar 2,6 juta jangkauan.

Pemberitaan Syamsuar lebih banyak tersorot atas kinerja dan pernyataannya sebagai kepala daerah. Beberapa pemberitaan di antaranya adalah, laporan capaian bidang pendidikan dan kesehatan Gubri Syamsuar selama masa pemerintahannya di tahun 2022.

Lalu ada pula pemberitaan mengenai kemarahan Syamsuar atas pekerja yang tewas untuk kesekian kalinya di PT. PHR. Kemudian dukungan Gubri Syamsuar atas program buku bacaan bermutu yang dimotori oleh Kemendikbud RI. Selanjutnya ada pemberitaan tentang kesiapsiagaan Gubri Syamsuar dan jajaran dalam menghadapi kebakaran hutan di Riau.

Menempati posisi ketiga ada nama Gubernur Lampung yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Lampung, Arinal Djunaidi. Untuk periode bulan Februari ini, Arinal Djunaidi memiliki 636 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh Arinal Djunaidi mencapai 1,1 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi salah satunya terkait dengan kegiatan saat mendampingi Aburizal Bakrie melakukan groundbreaking Masjid Raya Al-Bakrie. Lalu ada pula berita mengenai upaya Arinal Djunaidi dalam mendorong ekspor enam komoditas lokal Lampung. Tak ketinggalan pemberitaan mengenai rasa bangga Arinal Djunaidi kala kain tapis khas Lampung akan ‘melenggang’ di panggung New York Fashion Week 2024.

Di posisi keempat ada nama Ace Hasan Syadzily, Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini untuk periode Februari 2023 memiliki 536 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 5,6 juta jangkauan.

Di urutan kelima ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. Pria yang juga menjabat sebagai Walikota Parepare ini memiliki berita sebanyak 391 pemberitaan dengan pencapaian reach sebesar 880.407 jangkauan.

Posisi keenam diisi oleh nama Gubernur Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor. Untuk periode Februari 2023, pria yang akrab disapa Paman Birin itu memiliki pemberitaan sebanyak 321 berita. Jangkauan yang ditimbulkan dari pemberitaan mengenai Sahbirin Noor adalah sebesar 1,8 juta reach.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji menempati posisi tujuh untuk kategori pemberitaan terbanyak yang menjadikannya salah satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler di Indonesia. Sarmuji memiliki 292 berita dan capaian reach atau jangkauan sebanyak 2,5 juta reach.

Posisi kedelapan diisi oleh nama Bupati Tangerang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. Untuk periode Februari 2023 ini, Ahmed Zaki Iskandar memiliki 251 pemberitaan, baik yang tersebar di media online lokal maupun nasional. Reach yang dimunculkan dari berita mengenai Ahmed Zaki Iskandar adalah sebesar 609.341 jangkauan.

Posisi sembilan diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Perempuan yang juga menjabat sebagai Bupati Serang ini memiliki pemberitaan sebanyak 228 berita dan capaian reach sebesar 538.991 jangkauan.

Rohidin Mersyah, Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu, berada di posisi kesepuluh atau yang terakhir dalam daftar ini. Gubernur Bengkulu ini memiliki pemberitaan sebanyak 169 berita. Capaian reach dari berita mengenai Rohidin Mersyah adalah sebesar 144.144 jangkauan.

Demikian 10 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Februari 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 10 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya, hanya saja posisi tiga besar tampaknya belum ada perubahan yang signifikan.

Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

10 Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Februari 2023:

1. Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
Total 1.116 Pemberitaan
Reach: 3,5 juta jangkauan

2. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
Total 959 Pemberitaan
Reach: 2,6 juta jangkauan

3. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Total 636 Pemberitaan
Reach: 1,1 juta jangkauan

4. Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Total 536 Pemberitaan
Reach: 5,6 juta jangkauan

5. Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel
Total 391 Pemberitaan
Reach: 880.407 jangkauan

6. Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
Total 321 Pemberitaan
Reach: 1,8 juta jangkauan

7. Sarmuji
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur
Total 292 Pemberitaan
Reach: 2,5 juta jangkauan

8. Ahmed Zaki Iskandar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta
Total 251 Pemberitaan
Reach: 609.341 jangkauan

9. Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Total 228 Pemberitaan
Reach: 538.991 jangkauan

10. Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Total 169 Pemberitaan
Reach: 144.144 jangkauan {golkarpedia}