Ini Daftar 8 Caleg DPR RI Terpilih Dari Partai Golkar Asal Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi

Partai Golkar mendapatkan 8 kursi DPR RI dari 4 provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Keempat provinsi tersebut adalah Provinsi Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Barat, dan Jambi.

Perolehan suara Partai Golkar secara kolektif di provinsi-provinsi tersebut di Pemilu 2024 ini berdasarkan riset Golkarpedia meningkat 1 kursi jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu. Peningkatan raihan kursi Partai Golkar ini terjadi di Provinsi Riau.

Jika di Pemilu 2019 Partai Golkar hanya meraih dua kursi di Provinsi Riau, kini di Pemilu 2024, Partai Golkar berhasil mendulang tiga kursi dari dua Dapil di Provinsi Riau.

Namun sayangnya, dua petahana DPR RI dari Dapil Riau harus tumbang. Kedua petahana tersebut adalah Arsyadjuliandi Rachman dan Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena.

Tiga wajah baru yang berhasil terpilih dari dua Dapil di Provinsi Riau adalah, Ketua DPD I Partai Golkar Riau Syamsuar dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Riau Karmila Sari dari Dapil Riau I serta Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman dari Dapil Riau II.

Pemandangan yang serupa juga terjadi di Provinsi Kepri. Petahana dari Dapil Kepri ini yaitu Cen Sui Lan harus tumbang. Namanya tergantikan oleh Rizki Faisal yang mendapatkan suara lebih banyak. Rizki Faisal sendiri merupakan Wakil Ketua DPRD Kepri yang juga menjabat Sekretaris DPD I Partai Golkar Kepri.

Tak hanya Riau dan Kepri, tumbangnya petahana juga melanda Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Jika sebelumnya John Kenedy Azis dan Darul Siska menduduki kursi DPR RI dari Dapil Sumbar I dan Sumbar II. Di Pemilu 2024, posisinya tergantikan oleh Zigo Rolanda dan Benny Utama.

Zigo Rolanda adalah Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Solok Selatan. Sedangkan Benny Utama adalah Bupati Pasaman 2021-2023.

Sementara itu di Provinsi Jambi, 1 petahana atas nama Saniatul Lativa harus tumbang. Posisinya digantikan oleh Ketua DPD I Partai Golkar Jambi Cek Endra yang meraih suara terbanyak di Dapil Jambi. Dua kursi Partai Golkar DPR RI dari Dapil Jambi di Pemilu 2024 ini diisi Cek Endra dan Hasan Basri Agus.

Untuk lebih lengkapnya, redaksi Golkarpedia menyajikan data 8 Caleg Partai Golkar DPR RI terpilih dari 4 provinsi yang ada di Sumatera, yakni Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Jambi. Berikut daftarnya:

Provinsi Riau: 3 Kursi

  1. Syamsuar (Dapil Riau I)
    101.876 Suara
  2. Karmila Sari (Dapil Riau I)
    89.835 Suara
  3. Yulisman (Dapil Riau II)
    72.183 Suara

Provinsi Kepri: 1 Kursi

  1. Rizki Faisal (Dapil Kepri)
    73.664 Suara

Provinsi Sumbar: 2 Kursi

  1. Zigo Rolanda (Dapil Sumbar I)
    58.107 Suara
  2. Benny Utama (Dapil Sumbar II)
    75.255 Suara

Provinsi Jambi: 2 Kursi

  1. Cek Endra (Dapil Jambi)
    100.112 Suara
  2. Hasan Basri Agus (Dapil Jambi)
    87.884 Suara {golkarpedia}