News  

Peduli Marbot Masjid, Wanita Swadiri Bagikan Ratusan Paket Sembako

Pandemi COVID-19 yang mulai mewabah di Indonesia sejak terdeteksinya positif di awal Maret 2020, sejumlah kalangan tergerak turun membantu meringankan beban masyarakat.

Begitu juga dengan DPP Wanita Swadiri yang tergerak berpartisipasi membantu masyarakat yang terdampak dan juga para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan menolong para pasien covid-19.

Wanita Swadiri adalah sayap perempuan dari salah satu ormas Trikarya pendiri Partai Golkar, yaitu Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia atau SOKSI.

Bakti sosial (Baksos) yang mengusung tema “DPP Wanita Swadiri Peduli-Berbagi di Bulan Ramadhan Penuh Berkah” yang telah dilakukan sejak bulan April dengan memberikan ratusan APD, berupa baju hazmat, face shield, dan desinfektan ke puskesmas-puskesmas serta rumah sakit di 5 wilayah DKI Jakarta.

Puskesmas dan Rumah Sakit tersebut, yaitu Puskesmas Menteng Dalam, Puskesmas Tanjung Priok, Puskesmas Jatinegara, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Kalideres, serta Puskesmas di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bogor.

Pemberian APD ini diharapkan dapat membantu ketersediaan APD tim medis yang harus berhadapan langsung dengan para pasien dengan semakin bertambahnya kasus baru setiap harinya.

Ketua Umum DPP Wanita Swadiri, Netty Marliza, mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting, jaga jarak, pakai masker, serta beribadah di rumah untuk selama pandemi COVID-19 ini masih mewabah.

Pandemi COVID-19 ini menyebabkan semua umat beragama di Indonesia beribadah dari rumah. “Hal ini menyebabkan marbot yang saat Ramadhan biasanya masjid ramai dengan berbagai kegiatan, pada saat ini terdampak dengan adanya pandemi Covid-19.” tutur Netty.

Sebagai kepedulian dengan kondisi ini, DPP Wanita Swadiri membantu para marbot di DKI Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor, dengan memberikan 200 paket sembako.

Netty berharap bantuan sembako menjelang Lebaran dapat membantu para marbot mempersiapkan Lebaran dengan baik. Aksi sosial pemberian sembako dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi potensi penularan Covid-19 dengan melibatkan semua pengurus menyalurkan bantuan sembako di daerah tempat tinggal dan sekitarnya.

Para pengurus DPP Wanita Swadiri dan para marbot yang mendapat bantuan diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan, serta menjaga jarak saat memberi dan menerima bantuan.

Sekjen DPP Wanita Swadiri, Yovita Lasti Handini, berharap bantuan ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya. “Kita berdoa bersama agar wabah Covid-19 ini segera berlalu dari Indonesia dan seluruh dunia sehingga kita semua dapat kembali beraktivitas seperti sebelum pandemi covid-19.” ungkapnya.