News  

Pemerintah Prioritaskan Masyarakat Di 10 Provinsi Ini Dapat Vaksin COVID-19 Lebih Dulu

Kemenkes masih menyusun roadmap proses penyuntikan vaksin corona yang rencananya dimulai November 2020. Ketua KPCPEN sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan 10 provinsi yang akan dapat vaksin corona terlebih dahulu.

“Dalam roadmap akan ditentukan, kita kan ada daerah merah. Nah daerah itu yang penularan terbesar, Sumut, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kalsel, Sulsel, dan 3 daerah khusus Aceh, Papua dan Papua Barat,” kata Airlangga dalam diskusi di BNPB, Kamis (22/10).

Terkait jumlah dosis per wilayah, Airlangga belum membeberkan. yang jelas 9,1 juta orang nanti disuntik dan akan dipantau ketat. “Nanti akan dievaluasi terkait efektivitasnya,” tutur dia.

Di sisi lain, sembari menunggu BPOM betul-betul mengeluarkan izin darurat, Airlangga mengimbau masyarakat tetap patuh protokol kesehatan. Itu menjadi kunci meredakan penularan.

“Sambil menunggu persetujuan BPOM, kita kan menghadapi liburan panjang. Yang efektif paling mencegah adalah menggunakan masker. Sebelum ada vaksin corona memakai masker adalah yang utama. Lalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan juga cuci tangan hal penting sebelum vaksin dioperasionalkan,” tutup dia. {kumparan}