Golkar Sodorkan Airlangga dan Agus Gumiwang Jadi Menteri Jokowi Lagi

Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang menjadi kader yang diajukan Partai Golkar untuk masuk dalam portofolio Kabinet Joko Widodo periode 2019 – 2024. Saat ini, keduanya juga menjabat sebagai menteri, yakni Airlangga sebagai menteri perdagangan dan Gumiwang sebagai menteri sosial.

“Yang jelas bahwa Pak Airlangga sebagai ketua umum saya kira jelas ya, Pak Agus Gumiwang jelas karena beliau selama ini telah menunjukan kinerjanya sebagai menteri sosial. Kalau yang lain kita serahkan ke Pak Airlangga,” kata Ketua DPP bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dikutip dari republika, Sabtu (19/10).

Ace mengatakan Golkar optimistis kedua nama tersebut kembali menjadi menteri. Sementara soal posisi, Golkar menyerahkannya pada Jokowi.

Soal kepastian menteri dari Golkar, ia mengatakan, hanya Airlangga sebagai ketua Golkar yang intensif melakukan komunikasi dengan Jokowi.

“Kalau dipastikan (jadi menteri) kan saya belum tahu pasti karena itu kan Pak Jokowi yang lebih tahu. Tapi ekspektasi kami ya Pak Airlangga dan Pak Agus Gumiwang yang kita harapkan tetap,” kata Ace.

Selain dua nama tersebut, Golkar menyerahkan pada Jokowi jika nantinya dimintakan portofolio menteri lagi.

“Dalam posisi jika Pak Jokowi meminta portofolio yang diminta Pak Jokowi, ya, kami akan mengajukan nama-nama tersebut. Soal nama-nama tentu ada di Pak Airlangga tapi yang jelas dari nama yang ada sekarang yang mnjabat sebagai menteri kita pertahankan,” kata Ace menambahkan.